Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cillian Murphy Ungkap Cara Tak Biasa Christopher Nolan Antar Naskah Skenario Film

Kompas.com - 16/02/2024, 16:32 WIB
Andika Aditia

Penulis

KOMPAS.com – Aktor Cillian Murphy mengungkapkan bahwa sutradara Christopher Nolan biasanya mengirimkan salah satu anggota keluarganya untuk mengirimkan naskah film rahasia kepadanya.

Christopher Nolan dan Cillian Murphy telah bekerja sama dalam enam film – proyek terbaru mereka adalah Oppenheimer yang mendapat nominasi Oscar 2024 terbanya, di mana aktor tersebut berperan sebagai ahli fisika teoretis yang membantu mengembangkan bom nuklir pertama.

Dalam wawancara baru dengan British GQ, Cillian Murphy mengatakan, Christopher Nolan biasanya memastikan naskah untuk film-filmnya yang belum dirilis dikirimkan kepadanya secara langsung dari tangan tanpa menggunakan teknologi seperti email atau lainnya.

Baca juga: Cillian Murphy Siap Sedia untuk Sekuel Film 28 Years Later

“Ibunyalah yang mengirimkan naskahnya kepadaku sebelumnya. Atau saudaranya; dia akan pergi dan kembali dalam tiga jam.” kata Cillian Murphy, dikutip Jumat (16/2/2024).

“Sebagiannya ada hubungannya dengan merahasiakan cerita tersebut sebelum dipublikasikan. Namun sebagiannya berkaitan dengan tradisi. Mereka selalu melakukannya dengan cara ini, jadi mengapa berhenti sekarang? Itu memang menambah ritual, yang sangat saya hargai. Itu cocok untukku,” imbuh Cillian Murphy.

Namun, Cillian Murphy menjelaskan, Christopher Nolan sebenarnya melanggar tradisi Oppenheimer, dan malah terbang menemui aktor tersebut di Dublin, Irlandia, untuk mengantarkan naskahnya sendiri.

Baca juga: Respons Cillian Murphy Usai Masuk Nominasi Oscar untuk Pertama Kali

“Dia sudah menelepon saya dan mengatakan dia ingin saya memainkan peran tersebut. Dan saya menjawab ya, karena saya selalu mengatakan ya padanya,” kata aktor tersebut.

Cillian Murphy kemudian menjelaskan bagaimana Christopher Nolan meninggalkannya sendirian di kamar hotel di Dublin untuk membaca naskahnya, dan tahu persis berapa lama waktu yang dibutuhkannya untuk menyelesaikannya.

“[Nolan] tidak punya telepon atau apa pun. Tapi secara naluriah dia tahu kapan harus kembali,” kenang Cillian Murphy.

Baca juga: Begini Isi Pidato Cillian Murphy di Golden Globes yang Disensor

Oppenheimer, yang meraih 13 nominasi Oscar 2024, menandai kolaborasi keenam Cillian Murphy dengan sutradara setelah trilogi Dark Knight, Inception, Interstellar, dan Dunkirk.

Di bagian lain wawancara GQ, Cillian Murphy mengatakan, berada di lokasi syuting Christopher Nolan terasa seperti berada di “laboratorium pribadi dan intim”.

“Meskipun [Nolan] bekerja dengan kecepatan yang luar biasa, selalu ada ruang untuk rasa ingin tahu dan mencari tahu, dan itulah yang dimaksud dengan membuat karya seni, Anda tahu? Tidak ada telepon – tetapi juga tidak ada pengumuman: semua orang tahu. Dan tidak ada kursi,” kata Cillian Murphy.

Baca juga: Cillian Murphy Sebut Akhir Peaky Blinders Sempurna, dan Dia Siap untuk Spin-off

“Karena dia tidak duduk. Terkadang syuting film bisa seperti piknik. Semua orang punya kursi dan makanan ringan masing-masing dan semua orang saling mengirim pesan dan menunjukkan satu sama lain, Anda tahu, emoji atau apa pun,” imbuh Cillian Murphy.

Dalam berita lain, Cillian Murphy baru-baru ini mengungkapkan bahwa dia tidak menonton filmnya sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com