Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berharap Ada Aturan Royalti soal Direct Lisence, Judika: Supaya Musisi Tak Saling Somasi

Kompas.com - 28/01/2024, 21:28 WIB
Cynthia Lova,
Andika Aditia

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Judika Sihotang mengharapkan ada peraturan yang jelas tentang direct license atau pembayaran royalti musik dan lagu secara langsung kepada pencipta lagu.

Judika mengatakan, hal tersebut perlu diatur agar para musisi maupun pencipta lagu tidak bingung.

"Kalau aku sih penginnya semua dibuat sesuai aturan, supaya semua enggak bingung aturannya apa. Kalau pun itu direct license, ya dibikin aturannya yang jelas," kata Judika di Jakarta, Minggu (28/1/2024).

Baca juga: Bayar Royalti ke Ahmad Dhani, Judika: Aku Kan Juga Musisi, Jadi Aku Support Lah

Selain itu, Judika juga menyampaikan, peraturan tentang direct lisence dalam royalti musik yang jelas akan meminimalisir somasi antar musisi.

"Supaya jangan musisi ini saling somasi lah, ya itu kan enggak ini (elok) ya," ucap Judika.

Pelantun lagu "Aku Yang Tersakiti" ini menyampaikan, dia mendukung para musisi yang memperjuangkan royalti lagu dan musik.

Baca juga: Ahmad Dhani Unggah Bukti Transfer Usai Lagunya Dinyanyikan Judika, Jumlah Nominalnya Disorot

Hal tersebut ditunjukkan Judika dengan turut membayarkan royalti secara langsung kepada Ahmad Dhani beberapa waktu lalu.

"Ya yang jelas aku kan musisi, aku juga pencipta lagu, ya kita pasti support lah untuk semua yang terbaik," tutur Judika.

Sebelumnya, Ahmad Dhani membagikan foto tangkapan layar bukti percakapannya dengan Judika yang membawakan dua lagu milik Ahmad Dhani dalam suatu event.

Baca juga: Awalnya Bikin Ngakak, Kontestan X Factor Indonesia Ini Bikin BCL hingga Judika Terkesima

"Taat Undang Undang Hak Cipta," tulis Dhani singkat sebagai keterangan dari foto yang diunggahnya di akun @ahmaddhaniofficial.

Tampak dalam unggahan tersebut, pihak yang mengundang Judika membayar uang sebesar Rp 15 juta untuk dua lagu yang dinyanyikan oleh Judika di event mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com