Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Respons Cillian Murphy Usai Masuk Nominasi Oscar untuk Pertama Kali

Kompas.com - 25/01/2024, 16:49 WIB
Andika Aditia

Penulis

KOMPAS.com – Aktor Cillian Murphy berbagi reaksinya saat menerima nominasi Oscar pertamanya untuk peran utamanya di film Oppenheimer besutan sutradara Christopher Nolan.

Cillian Murphy dinyatakan masuk nominasi Oscar untuk Best Actor atau Aktor Terbaik pada Selasa (23/1/2024) bersama Bradley Cooper, Colman Domingo, Paul Giamatti dan Jeffrey Wright.

Itu adalah salah satu dari 13 nominasi yang diraih Oppenheimer, yang memimpin nominasi melebih jumlah capaian nominasi film Poor Things karya Yorgos Lanthimos, Killers of the Flower Moon karya Martin Scorsese, dan Barbie karya Greta Gerwig.

Baca juga: Begini Isi Pidato Cillian Murphy di Golden Globes yang Disensor

Cillian Murphy mengatakan kepada Deadline bahwa ketika dia mengetahui tentang nominasi tersebut, dia sedang berada di rumah orangtuanya di Irlandia dan “duduk-duduk sambil minum teh” sebelum “telepon mulai berbunyi”.

“Saya merasa sangat terhormat dan saya merasa sangat beruntung berada dalam sebuah film yang berhubungan dengan orang-orang melalui cara yang kritis dan komersial,” kata Cillian Murphy, dikutip Kamis (25/1/2024).

“Berada dalam film yang telah ditonton tiga, empat, dan lima kali dan mereka mendatangi Anda dan memberi tahu Anda bahwa…” imbuh Cillian Murphy.

Baca juga: Berkat Film Oppenheimer, Cillian Murphy Menangkan Piala Aktor Terbaik Golden Globe Pertamanya

Ketika ditanya apakah dia sudah memahami betapa besarnya bisa masuk nominasi Oscar dan apa yang mungkin dia pikirkan saat memulai kariernya, Cillian Murphy tak percaya kerja kerasnya selama ini membuahkan hasil.

“Saya rasa Anda tidak akan mempercayainya atau melihatnya sebagai sebuah kemungkinan atau semacamnya; Saya hanya ingin membuat teater dan membuat teater yang bagus, dan kemudian Anda melakukan bagian kecil dalam sebuah film pendek dan kemudian bagian kecil dalam sebuah film — kita telah membicarakan tentang proses yang sangat bertahap ini dan saya rasa itulah mengapa saya bisa melakukannya. menghadapinya dan dapat menikmatinya,” tutur Cillian Murphy.

Baca juga: Cillian Murphy Raih Gelar Aktor Terbaik di Golden Globe Awards 2024

“Saya berusia 48 tahun dan saya telah melihat banyak hal dan telah melakukannya selama 28 tahun, jadi saya rasa saya dapat memahami betapa pentingnya hal ini bagi saya dan betapa berartinya hal ini bagi saya dan orang lain… Anda tahu, itu adalah sudah lama berkecimpung dalam bisnis ini. Saya pikir sebagai seorang anak muda, hal seperti ini sepertinya tidak mungkin terjadi,” tambah Cillian Murphy.

Cillian Murphy juga sangat senang bisa menghabiskan waktu bersama aktor dan aktris hebat selama syuting film Oppenheimer dan film-film lainnya yang membawa kariernya ke titik sekarang.

Baca juga: Serba-serbi Piala Oscar 2024, Jadwal dan Daftar Lengkap Nominasinya

“Saya merasa sangat beruntung berada di ruangan yang penuh dengan artis yang sangat saya kagumi dan dapat menghabiskan waktu serta membicarakannya. Ini seperti sirkus, tapi ini ada karena orang-orang menyukai filmnya dan mereka peduli dengan pekerjaannya dan mereka peduli dengan sinema. Saya harus mengatakan bahwa saya sangat menikmatinya… Rasanya benar-benar tempat yang indah dan aman,” kata Cillian Murphy.

Dari segala pengalaman di dunia akting, Cillian Murphy menyebut, membuka hati terhadap perbedaan yang ada menjadi begitu penting dan bisa mengambil makna darinya.

Baca juga: Daftar Lengkap Nominasi Oscar 2024, Oppenheimer Terbanyak

“Saya pikir Anda perlu sedikit membuka hati dan menjalaninya; semuanya positif dan itu hal yang baik, saya pikir kita membutuhkan hal positif di dunia saat ini. Ada terlalu banyak sinisme di dunia, menurut saya, dan kita semua menyadari posisi kita sebagai aktor dan kita semua tahu di mana kita berdiri dalam arti penting dari apa yang kita lakukan untuk masyarakat, tapi menurut saya penting untuk menghindari sinisme dan merangkul dia," kata Cillian Murphy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com