Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AKSI Persiapkan Sistem DDL untuk Royalti Lagu, Klaim Lebih Efisien dan Tepat Sasaran

Kompas.com - 22/01/2024, 20:02 WIB
Revi C. Rantung,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Komposer Seluruh Indonesia (AKSI) memperkenalkan sistem Digital Direct Lisence (DDL) untuk polemik royalti lagu terhadap live event.

AKSI mengklaim sistem tersebut lebih efisien dan tepat sasaran untuk pembagian royalti kepada pencipta lagu.

Diketahui, direct license adalah sistem lisensi dan pembayaran royalti langsung antara masing-masing pencipta secara individu dan pengguna karya cipta.

Baca juga: WAMI Hanya Himpun Rp 900 Juta dalam Setahun, Ahmad Dhani Duga Ada Maling

“AKSI sedang mempersiapkan sebuah platform digital yang kami beri nama Digital Direct License (DDL) yang nantinya akan diintegrasikan dengan Online Single submission (OSS), yaitu sistem yang sedang digodok pemerintah untuk mengeluarkan izin keramaian untuk suatu acara berbasis digital,” kata Piyu selaku ketua AKSI dalam jumpa pers di daerah Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (22/1/2024).

“Melalui DDL ini nantinya para pencipta akan bisa berhubungan langsung dengan pengguna karya cipta terkait lisensi dan pembayaran royalti,” tambah Piyu.

Piyu mengatakan, platform ini akan terus diperbarui secara real time sehingga apabila ada permintaan lisensi dan pembayaran royalti, pencipta lagu akan mendapat notifikasi dan royaltinya akan langsung diterima oleh pencipta melalui rekening pribadinya.

Baca juga: EO Pakai Lagu Anggota AKSI Tanpa Izin, Ahmad Dhani Bakal Lapor Polisi

“Satu hal lagi yang perlu dijelaskan DDL ini memiliki standarisasi perhitungan, jadi pencipta lagu tidak akan menentukan harga seenaknya,” tutur Piyu.

Namun begitu, nantinya platform ini hanya bisa digunakan oleh anggota AKSI yang terdaftar.

Dewan Pembina AKSI Ahmad Dhani mengatakan, munculnya platform ini sebagai salah satu upaya mereka membantu para komposer atau pencipta mendapatkan royalti live event.

“Kita hanya mempersoalkan royalti live event dulu, jadi konser ya. Jangan berkembang ke jauh-jauh dulu fokus pada konser dan live event,” ungkap Ahmad Dhani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com