Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andre Taulany: Saya Enggak Lupa Kok Asal Saya dari Stinky

Kompas.com - 09/01/2024, 16:04 WIB
Melvina Tionardus,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komedian Andre Taulany menegaskan ia tidak lupa pernah menjadi bagian dari band Stinky hingga terkenal seperti sekarang.

Dahulu Andre merupakan vokalis Stinky yang mulai berkarya tahun 1992. Namun pada 2008, Andre memutuskan hengkang.

"Saya enggak pernah lupa kok asal saya dari mana, yaitu dari Stinky," kata Andre Taulany dalam konferensi pers di daerah Ciputat, Tangerang Selatan, Selasa (9/1/2024).

Baca juga: Dilarang Nyanyikan Lagu Mungkinkah, Andre Taulany: Masih Banyak Lagu Lain

Andre Taulany mengadakan konferensi pers dalam rangka menanggapi somasi mantan rekannya sebagai gitaris, Ndhank Surahman yang melarangnya menyanyikan lagu "Mungkinkah".

"Lalu saya ada di tempat saya saat ini karena kreativitas yang saya punya, kerja keras yang saya punya, kita bicara di luar nyanyi ya," ujar Andre Taulany.

Bapak tiga anak itu mengatakan, di luar sebagai mantan vokalis Stinky, orang tetap mengenalnya. Justru sekarang ia lebih dikenal sebagai komedian.

Baca juga: Ndhank Surahman Beri Somasi Kedua dan Ancam Laporkan, Andre Taulany: Saya Enggak Salah, Kenapa Takut?


"Itu artinya adalah usaha saya, bukan dompleng Stinky. Kan nama saya sudah bukan Andre Stinky, tapi Andre Taulany, kalau Ndhank kan namanya masih Ndhank Stinky walaupun dia udah dipecat dari Stinky, tapi kan enggak ada masalah," tutur Andre Taulany.

Andre meminta semua pihak dari rekannya di Stinky untuk berlapang dada.

Akhir Desember 2023, Ndhank Surahman menyomasi band Stinky Reborn dan Andre Taulany untuk tidak menyanyikan lagu ciptaannya, "Mungkinkah" karena menurut dia nominal performing rights yang diterima sangat kecil.

Andre mengataka,  setiap royalti dari aksi panggungnya dengan membawakan lagu "Mungkinkah" telah dibayarkan event organizer ke lembaga kolektif LMKN yang seharusnya disalurkan ke Ndhank.

Ke depannya Andre menuturkan ia juga sepertinya enggan membawakan lagu tersebut lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com