Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pernah Dihina Saat Muda, Addie MS: Saya Langsung Nabung untuk Sekolah Sound Engineer di Amerika

Kompas.com - 08/01/2024, 13:53 WIB
Andika Aditia

Penulis

KOMPAS.com - Komposer ternama Addie MS menceritakan perjalanan kariernya menjadi seorang komposer seperti sekarang.

Addie MS mengaku, hinaan yang pernah ia terima saat masih muda telah membulatkan tekadnya untuk membuktikan kemampuannya agar tak diremehkan orang.

"Tekadku untuk mempelajari SE bermula saat thn 1980 aku dihina oleh sound engineer senior. Sebagai musisi muda, aku dianggap terlalu mencampuri beliau," tulis Addie MS menceritakan pengalamannya seperti dikutip dari akun Facebook-nya, Senin (8/1/2024).

Baca juga: Addie MS Gelar Konser Amal untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Addie MS kaget usai dihina sedemikiannya, padahal ayah Kelvin Aprilio ini merasa bagian tugasnya untuk memberi masukan kepada sound engineering yang terbilang senior itu karena ia saat itu adalah produser rekamannya.

Apalagi, kata Addie MS, ia dihina dengan kata-kata tak pantas dan tak profesional.

"Padahal, sebagai produser rekaman, aku merasa berhak, bahkan berkewajiban memberi arahan tentang gambaran suara yang kuhendaki. Kata beliau: 'Kalau gua ikuti loe, lama2 gua jadi bodoh," kata Addie MS mengenang.

Baca juga: Lewat Konser A Family Symphony, Addie MS Kenang Perjalanan Cinta dengan Memes

Dari situ, Addie MS melakukan pembuktian dengan mengumpulkan uang dari jerih payahnya sendiri untuk memperdalam ilmu sound engineering yang saat itu masih langka di industri musik Indonesia.

Karena belum ada platform digital seperti YouTube dan lainnya, Addie MS merasa satu-satunya cara untuk belajar sound engineer adalah dengan kuliah ke Amerika.

"Jreng....Darah mudaku mendidih.... Aku langsung keluar dari studio dan bertekad utk belajar SE," kata Addie MS.

Baca juga: Addie MS Jelaskan tentang Lagu Rayuan Pulau Kelapa yang Populer di Rusia

"Saat itu belum ada Youtube/internet, dan tidak ada textbook/referensi soal SE ini di Jakarta. So, aku mulai menabung sampai akhirnya pd thn 1984 aku berangkat ke USA pelajari SE. By the way, sejak lulus SMA, aku memang tidak mau dibiayai oleh Papa untuk pendidikan, karena tekadku untuk membuktikan bahwa aku bisa hidup dari MUSIK," tambah Addie MS.

Berawal dari hinaan, Addie MS pun bergelut dengan ilmu sound engineer yang membuat Addie MS memahami seluk beluk keterampilan olah audio dan dunia rekaman dengan komprehensif.

Ternyata, amarah Addie MS yang disalurkan dalam energi positif tak sia-sia.

Baca juga: Addie MS Ucapkan Selamat Jalan kepada Bens Leo

Sepulangnya dari Amerika, Addie MS mendapat kepercayaan menjadi sound engineering untuk album penyanyi legendaris mendiang Utha Likumahuwa.

"Begitu pulang dari USA, aku diberi kepercayaan producing album rekaman Utha Likumahuwa, Aku Pasti Datang. Itu menjadi rekaman pertamaku di mana aku sekaligus berperan sebagai sound engineer," ucap Addie MS.

Album keempat Utha Likumahuwa yang dirilis tahun 1985 itu pun sukses besar dengan beberapa lagu hits seperti "Aku Pasti Datang",
"Generasiku", "Datanglah Ceria".

Baca juga: Addie MS Ucapkan Selamat Jalan kepada Bens Leo

Album Aku Pasti Datang sendiri ditempatkan pada peringkat ke-75 dalam daftar "150 Album Indonesia Terbaik" versi majalah Rolling Stone Indonesia yang diterbitkan pada edisi Desember 2007.

Kini, Addie MS menjadi salah satu komposer ternama di Indonesia dengan banyak menjadi orang di balik layar proses lagu-lagu populer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com