Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andre Taulany dan Stinky Dilarang Bawakan Lagu Mungkinkah

Kompas.com - 31/12/2023, 15:37 WIB
Cynthia Lova,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komedian sekaligus penyanyi Andre Taulany dan band Stinky dilarang membawakan “Mungkinkah” oleh pencipta lagu tersebut, Ndhank Surahman Hartono.

Diketahui, Ndhank Surahman Hartono adalah mantan gitaris band Stinky.

Larangan itu disampaikan Ndhank Surahman Hartono melalui video somasi yang ia unggah di akun Instagram-nya.

Baca juga: Kaget Dilarang Bawakan Lagu Mungkinkah, Irwan Batara: Tiap Stinky Tampil, Ndhank Selalu Dapat Bagian

“Selamat sore saya Ndhank Surahman Hartono hari ini tanggal 30 Desember 2023 saya membuat video pelarangan terbuka atau somasi untuk diketahui banyak pihak bahwa mulai hari ini saya melarang keras Stinky dan Andre Taulany membawakan lagu karya saya seperti ‘Mungkinkah’, ‘Jangan Tutup Dirimu’ dan lain-lain", ujar Ndhank dikutip Kompas.com di Instagram pribadinya yang sudah dikonfirmasi, Minggu (31/12/2023).

Ndhank mengatakan, ia melarang Andre Taulany dan Stinky membawakan lagu tersebut sampai batas waktu yang tidak bisa ditentukan.

Hal itu ia lakukan karena Ndhank merasa punya hak eksklusif sebagai pencipta lagu, sesuai dengan UU Hak Cipta No. 28 Tahun 2014.

Baca juga: Ogah Manjakan Anak dengan Harta, Andre Taulany: Kalau untuk Pendidikan, Mau Semahal Apa pun Gue Usahakan

Selanjutnya, Ndhank juga menyampaikan bahwa bassist Stinky, Irwan Batara, yang juga pencipta lagu “Mungkinkah” hanya dibolehkan membawakan bagian yang diciptakannya.

"Jika saudara Irwan Batara sebagai personel dari Stinky tetap ingin membawakan lagu 'Mungkinkah' silahkan membawakan sesuai dengan partnya, yang berada pada ending lagu, yang isinya kau ‘kusayang selalu kujaga, bla, bla, bla’," lanjut Ndhank.

Di akhir, Ndhank bersama kuasa hukumnya akan melaporkan hal ini ke Polda Metro Jaya.

Baca juga: Ahmad Dhani Heran Lagu Mungkinkah Jelek tapi Bisa Top, Andre Taulany: DEWA Keren Lagunya, tapi Penjualan Kalah dengan Stinky

"Untuk diketahui banyak pihak terutama penyelenggaraan event dan lain-lain. Setelah video somasi ini saya buat dan saya tayangkan, saya dan kuasa hukum saya akan lanjut melaporkan pelarangan penggunaan lagu-lagu karya saya oleh Stinky dan Andre Taulany ke Polda Metro Jaya", tutur Ndhank Surahman.

Sebagai informasi, lagu “Mungkinkah” dipopulerkan grup Stinky pada 1997. Ini adalah debut mereka mengarah ke pop melayu.

Baca juga: Anaknya Tak Pernah Diberikan Mobil meski Terus Meminta, Andre Taulany: Mengajarkan Biar Mereka Berusaha Sendiri

Andre adalah vokalis pertama Stinky dari 1992 hingga 2007. Setelah Andre keluar, posisi vokalis sempat digantikan berturut-turut oleh Ary dan Dona Amelia.

Andre sempat kembali ke Stinky, tetapi ia akhirnya keluar lagi.

Kini, personel Stinky adalah Irwan Batara, Edy Suryo Triputranto, Helman Maulana, Rendra Marta Wijaya.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Ndhank S Hartono (@ndhank_s_hartono)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com