Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Kena Stroke, Drummer Iron Maiden Nicko McBrain Cemas Tak Bisa Menggebuk Drum Lagi

Kompas.com - 29/12/2023, 16:15 WIB
Andika Aditia

Penulis

KOMPAS.com - Drummer Iron Maiden Nicko McBrain mengakui bahwa dia khawatir tidak akan pernah bisa bermain drum lagi, setelah menderita stroke pada bulan Januari 2023.

Nicko McBrain menderita stroke ringan pada bulan Januari yang membuatnya lumpuh sebagian di sisi kanannya dari bahu ke bawah.

Dia menjalani 10 minggu “terapi intensif” dalam upaya untuk mendapatkan kembali kekuatan penuh, dan pada bulan Mei 2023 dia siap untuk memulai latihan dengan anggota band lainnya, menjelang tur bertajuk The Future Past Iron Maiden baru-baru ini.

Baca juga: Hampir Pulih Total dari Stroke, Drummer Iron Maiden Siasati Gaya Bermainnya

Kini, dalam wawancara barunya dengan majalah Metal Hammer, Nicko McBrain bercerita tentang pengalamannya.

“Itu sangat, sangat sulit,” kata Nicko McBrain, dikutip Jumat (29/12/2023).

“Saat pertama kali terjadi, saya berpikir, ini dia, saya tidak akan bisa bermain. Saya ada tur dalam waktu tiga bulan. Saya punya banyak waktu untuk refleksi di rumah sakit. Istri saya benar-benar benteng kekuatan dan dorongan saya dan dia selalu bersama saya,” tutur Nicko McBrain.

Baca juga: Drummer Iron Maiden Nicko McBrain Terkena Stroke, Tubuh Sisi Kanannya Lumpuh

Nicko McBrain juga berbicara tentang dukungan yang dia terima dari anggota band lainnya.

“Sepanjang periode waktu ini, saya berhubungan dengan [bassis Iron Maiden] Steve [Harris]. Tentu saja, semuanya, dan saya sempat mengobrol sedikit dengan mereka melalui telepon dan mereka semua sangat, sangat memberi semangat, dan tidak ada yang lebih dari itu selain Steve,” Nicko McBrain.

“Mereka berkata, 'Dengar, yang paling penting adalah kamu sembuh dan berusaha untuk memulihkan diri'.”

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Back in the Village dari Iron Maiden

Pada bulan Oktober 2023, Nicko McBrain mengungkapkan bahwa dia hampir pulih sepenuhnya, dengan mengatakan bahwa dia “85 hingga 90 persen kembali ke kekuatan”, tetapi mengaku masih mengalami kesulitan dengan kecepatan dan ketangkasan jari-jarinya.

Pada akhir tahun 2022, McBrain mengungkapkan bahwa dia menderita kanker laring pada tahun 2020 dan mendorong penggemar untuk pergi ke dokter jika mereka melihat perubahan suara yang tidak dapat dijelaskan.

Iron Maiden sendiri akan memainkan tur The Future Past di Amerika Utara pada musim gugur 2024, dimulai di San Diego pada 4 Oktober.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com