Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelar Konser Tak Biasa, Grup Legendaris ABBA Sumbang Perekonomian London Rp 6,3 Triliun

Kompas.com - 27/12/2023, 21:12 WIB
Andika Aditia

Penulis

KOMPAS.com - Quartet legendaris ABBA Voyage meningkatkan perekonomian kota London, Inggris dengan perputaran uang mencapai 323 juta pound atau setara Rp 6,3 triliun dalam periode satu tahun, menurut sebuah laporan baru.

Pengalaman konser avatar – yang terus berlangsung hingga setidaknya November 2024 di ABBA Arena yang berkapasitas 3.000 orang di Queen Elizabeth Olympic Park – memberikan dorongan finansial yang besar bagi London dan wilayah London Timur di sekitar lokasi tersebut.

Menurut penelitian yang dikumpulkan Sound Diplomacy dan RealWorth, laporan tersebut mencakup periode Mei 2022 hingga Mei 2023 dan menemukan bahwa pertunjukan tersebut menyumbang omzet sebesar 322,6 juta pound atau Rp 6,3 triliun kepada perekonomian London dan GVA (Nilai Tambah Bruto) sebesar 177,7 juta pound atau setara Rp 3,5 triliun (per Musik Pekan).

Baca juga: Mirip, Apakah Lagu ABBA Gimme! Gimme! Gimme! Terinspirasi Lagu Benyamin Sueb?

“Operasi dan belanja peserta merupakan penghasil kontribusi ekonomi yang berkelanjutan terhadap perekonomian lokal dan seluruh kota, menunjukkan bahwa selama ABBA Voyage ada di London, hal ini berpotensi berkontribusi terhadap kekayaan ekonomi kota,” baca laporan tersebut.

42 persen dari total pendapatan tersebut dihasilkan di wilayah lokal – wilayah Newham, Hackney, Tower Hamlets, Waltham Forest – yang setara dengan omzet sebesar 134,1 juta pound (Rp 2,6 triliun) dan GVA sebesar 73,7 juta pound (Rp 1,4 triliun).

Faktor-faktor yang berkontribusi termasuk pengeluaran untuk akomodasi, makanan dan minuman, transportasi, belanja dan hiburan.

Baca juga: Momen Menarik Westlife Tampil di Jakarta, “Ngepel” hingga Tribute to ABBA

Selain itu, ABBA Voyage telah memberikan kesempatan kerja kepada 5.075 pekerja di London.

Hal ini mencakup mereka yang terkait langsung dengan konser dan sektor-sektor yang terkena dampak pertunjukan termasuk staf di restoran, bagian penjualan, hotel, dan banyak lagi.

Michael Bolingbroke, CEO dan produser eksekutif ABBA Voyage, mengatakan: “Kehadiran ABBA Voyage dirasakan akan bertahan lama. Mengetahui bahwa dalam setahun penuh pertama kami, pengoperasian ABBA Voyage telah memberikan dampak ekonomi di London sebesar £322 juta adalah hal yang luar biasa, dan tantangan kami adalah mempertahankan dan meningkatkan jumlah ini, dan memastikan bahwa dampaknya bertahan lama.”

Baca juga: ABBA Kembali Manggung Lewat Penampilan Hologram Setelah 40 Tahun

Dalam ulasan bintang lima ABBA Voyage, NME menggambarkan konser tersebut sebagai “mega-mix avatar epik dari dunia baru yang berani”.

Ulasan NME juga menambahkan, “Para rocker dan popper yang menua pasti akan meniru ide tersebut, namun akan sulit untuk bisa mendekati pengalaman ABBA Voyage.”

Bahkan dilaporkan rencana pengalaman konser tersebut akan dibawa dalam tur dunia.

Berbicara kepada NME awal tahun ini, salah satu anggota ABBA, Bjorn Ulvaeus membuka tentang masa depan acara tersebut.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Mamma Mia - ABBA

“Kami berharap bisa tetap berada di venue ini selama kami bisa,” ujarnya.

“Kami berharap mereka akan memiliki kami selama bertahun-tahun, dan kami mungkin akan membangun replika serupa di tempat lain: Asia, Australia, Amerika Utara. Ada banyak promotor dan kota yang sedang kami ajak bicara saat ini mengenai hal itu.”

Mengenai potensi untuk mendapatkan tempat di Glastonbury, Ulvaeus berpendapat hal itu belum mungkin terjadi, namun ia menambahkan: “Mungkin saja di masa depan.”

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com