Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adaptasi Pola Asuh Orangtuanya, Ria Ricis Ingin Moana Mandiri

Kompas.com - 16/12/2023, 21:39 WIB
Cynthia Lova,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - YouTuber Ria Yunita atau Ria Ricis mengaku punya cara tersendiri untuk mendidik anak semata wayangnya, Cut Raifa Aramoana atau Moana.

Ria Ricis membiasakan sang anak untuk mandiri. Didikan itu didapat dari orangtuanya kepadanya, yang kembali diadaptasinya untuk mendidik Moana.

“Saya sebenarnya dari orangtua keras. Itulah yang sampai saat ini ia terapkan ke Moana,” ujar Ria Ricis di Mother Care, Mall Kota Kasablanka, Tebet, Jakarta Selatan pada Sabtu (16/12/2023).

Baca juga: Cara Ria Ricis Bagi Waktu untuk Anak di Tengah Kesibukannya Bekerja

“Kayak aku aplikasikan ke Moana bahwa seorang anak termasuk seorang perempuan itu benar-benar harus mandiri,” lanjut Ricis.

Ricis mengatakan, ia selalu mengajarkan Moana untuk mandiri dengan cara mengambil dan menaruh mainan ke tempatnya sendiri.

Ia pun kemudian menjelaskan alasannya membiarkan sang anak ketika sang anak jatuh.

Baca juga: Ria Ricis: Peran Ibu di Mata Saya Harus Kuat, Tidak Boleh Sakit

“Suka banget Moana nyungsep dan itu tuh hanya ibunya yang tahu seberapa tingkat sakitnya dia. Nah itu tuh dia masih bisa survive dan bangun sendiri. Bahkan di lanjut lari sama dia gitu kan mungkin orang lihat anaknya nyungsep kok didiemin aja,” kata Ria Ricis.

“Jadi itu alasannya kenapa saya selalu biarin Moana berdiri sama kakinya sendiri dulu biar dia bisa merasakan gimana sih rasanya jadi orang mandiri sejak dini, gimana caranya dia tahu posisi dia ini sampai mana dia bisa berusaha,” lanjut Ricis.

Ricis mengatakan, didikannya dengan sang suami, Teuku Ryan sangat berbeda.

Ricis menilai Teuku Ryan lebih memanjakan Moana.

Meski demikian, hal itu justru menjadi kelebihan tersendiri bagi Ria Ricis dan Teuku Ryan untuk saling melengkapi sebagai orang tua.

"Sama papanya beda. Papanya sangat memanjakan dia, jadi kita kerjasamanya tokcer lah," kata Ricis.

Ricis mengatakan, ia menilai bahwa peran ibu dalam rumah tangga sangat penting. Apalagi dalam mengasuh anak ibu menjadi sosok pendidik pertama bagi buah hatinya.

"Saya kerasa banget sejak anak brojol (lahir). Peran saya dua, ibu juga, bapak juga. Karena Madrasah pertama anak ibunya," tutur Ricis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com