Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Ritual" Christian Bautista sebelum Naik Panggung, Berdoa dan Minum Banyak Air Putih

Kompas.com - 06/12/2023, 16:15 WIB
Vincentius Mario,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi asal Filipina, Christian Bautista, mengungkap kebiasaannya sebelum naik ke atas panggung.

Christian menyebut "ritualnya" cukup sederhana, yaitu berdoa dan minum banyak air putih.

"Sebelum tampil, saya berdoa, minum cukup air putih agar terus terhidrasi, latihan, dan coba percaya bahwa audiens datang ke sebuah show untuk terhubung dengan saya. Saya keluar dan melakukan yang terbaik," kata Christian saat diwawancarai Kompas.com di Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (6/12/2023).

Baca juga: Christian Bautista Ungkap Keinginan Berkarya di Indonesia

Penyanyi berusia 42 tahun itu selalu ingin mempersembahkan yang terbaik karena dia tahu ada banyak yang dikorbankan oleh penonton ketika hendak menonton konsernya.

"Saya tahu orang-orang datang ke konser mengorbankan banyak hal; ongkos perjalanan, biaya makan, waktu, bagaimana artis bisa memberikan itu kembali dan menjadikannya worth it," ujar Christian.

Selain itu, untuk menjaga kualitas suaranya, pelantun "The Way You Look At Me" itu menjalani diet dan istirahat yang cukup.

Baca juga: Cerita Christian Bautista Mulai Bernyanyi sejak Usia 7 Tahun

"Diet, latihan fisik, tidur yang cukup, itu sangat penting. Dan belajar untuk manage stres. Stres itu pasti ada, tapi bagaimana kita bisa manage itu dengan baik. Bagaimana kita berdamai dengan itu," ucap Christian.

Christian juga menghilangkan stresnya dengan cara makan makanan enak dan sehat.

"Selain itu ada makanan. Good food bisa memberikan kita kebahagiaan sekaligus tubuh yang sehat. More than 50 persen stres bisa teratasi lewat diet dan makanan sehat," tutur Christian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com