Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kekayaannya Disebut Mencapai Rp 6,2 Triliun, Park Jin Young Ungkap Sebagian Besar dari Royalti Lagu

Kompas.com - 07/11/2023, 10:54 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

Sumber Koreaboo

KOMPAS.com- CEO agensi hiburan JYP Entertainment sekaligus penyanyi solo, Park Jin Young baru-baru ini mengungkap lagu yang menyumbang royalti cukup besar baginya.

Park Jin Young yang duduk bersama Chairman HYBE, Bang Si Hyuk tampil sebagai tamu di acara bincang-bincang tvN You Quiz on the Block, di mana mereka berbincang-bincang tentang persahabatan dan karier mereka.

Untuk diketahui, Bang Si Hyuk merupakan pendiri Big Hit Entertainment, agensi BTS.

Selama siaran, Jo Se Ho, salah satu pembawa acara mengungkapkan perkiraan kekayaan Bang Si Hyuk dan Park Jin Young, menurut Forbes.

Baca juga: Rain Anggap Park Jin Young Berjasa karena Bayar Biaya Rumah Sakit Ibunya Dulu

"Forbes memperkirakan kekayaan Bang Si Hyuk mencapai 29 miliar dollar AS (sekitar Rp 451 triliun) dan Park Jin Young sebesar 522 miliar Won (sekitar Rp 6,2 triliun)," kata Se Ho.

Park Jin Young kemudian mengungkapkan bahwa kekayaan itu didapat dari banyaknya royalti menulis lagu logo untuk perusahaan-perusahaan besar. Hal serupa juga diakui oleh Bang Si Hyuk. 

Park Jin Young diketahui merupakan orang yang membuat lagu logo untuk stasiun penyiaran Korea Selatan, KBS. 

Pembawa acara lainnya, Yoo Jae Suk dengan bercanda bertanya kepada Park Jin Young berapa banyak yang mereka terima untuk lagu-lagu logo ini, Park Jin Young menjawab dengan bangga.

Baca juga: Rain Hampir Operasi Plastik gara-gara Park Jin Young

"Produser memintaku untuk menulisnya, jadi aku tidak punya pilihan lain, tapi sekarang ini cukup bagus," kata Park Jin Young.

"Saya masih mendapatkan uang yang masuk sekarang. Secara konsisten," ujarnya.

Yoo Jae Suk mengungkapkan keheranannya dan bercanda bahwa menulis lagu logo adalah "tambang emas" untuk menghasilkan uang.

Dia kemudian bertanya kepada Park Jin Young lagu mana yang paling banyak menerima royalti, dan Park Jin Young menyebutkan salah satu grup yang ada di agensinya.

"Belakangan ini, tanpa ragu, lagu TWICE. Skalanya berbeda," kata Park Jin Young.

Menurut Asosiasi Hak Cipta Musik Korea (KOMCA), Park Jin Young memiliki 626 lagu yang terdaftar atas namanya.

Dia menulis untuk banyak artis yang ada di agensinya. Mulai dari musisi tahun 2000-an seperti Rain dan God hingga grup yang lebih baru seperti Stray Kids dan TWICE.

Terdiri dari sembilan anggota, TWICE adalah grup yang dibentuk melalui program televisi Sixteen pada tahun 2015.

Mereka memulai debutnya dengan lagu "Like Ooh-Ahh" dan meraih kesuksesan global dengan lagu-lagu hit mereka "Cheer Up", "TT", "KNOCK KNOCK", "FANCY", "Dance the Night Away", dan "The Feels".

Hingga Maret 2023, TWICE telah merilis lebih dari 204 lagu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com