Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Korban Penipuan Modus Bobol Rekening Lewat WA, Baim Wong: Enggak Ngeh, Main Klik

Kompas.com - 02/11/2023, 12:19 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Aktor Baim Wong menjadi korban penipuan melalui pesan WhatsApp yang membuat rekeningnya dibobol orang tak dikenal.

Baim menceritakan, kejadian itu berawal dari pesan WhatsApp seseorang yang mengaku menjadi kurir dan mengirimkan file sebagai bukti foto paket. 

"Minggu kemarin saya menerima WhatsApp dari nomor yang tidak saya kenal," kata Baim dikutip dari akun Instagram @baimwong.

"Si pengirim mengaku sebagai kurir paket dan di chat, dia kirim foto paket berupa file. Kebetulan saya sedang memesan barang via online," imbuhnya.

Baca juga: Baim Wong Tabrak Tembok Pembatas Mal, Istri dan Anaknya Syok

Tanpa curiga, Baim saat itu langsung mengklik file yang dikirim.

"Saya itu enggak ngeh, main klik aja karena saya memastikan paket saya. Dan anehnya yang muncul adalah tampilan loading beberapa saat," ujar Baim.

"Saya agak curiga sebenarnya, tapi karena ada beberapa pekerjaan yang harus saya selesaikan saat itu, makanya saya memilih mengabaikan kecurigaan tersebut karena masalah waktu," imbuhnya.

Baim dibuat terkejut ketika kemudian mendapat sejumlah notifikasi pemindahan dana dari rekeningnya ke rekening tak dikenal.

Baca juga: Baim Wong Jawab Alasan Batal Berangkat Haji, Salah Satunya karena Paula Verhouven Keguguran

"Setelah berhari-hari, saya dikagetkan beberapa notifikasi transfer bank yang saya terima," kata Baim.

"Sejumlah uang telah ditransfer dari salah satu rekening saya ke rekening lain yang tidak saya kenal," jelasnya.

Melihat transaksi tak biasa itu, Baim langsung menghubungi pihak bank untuk memblokir rekeningnya.

Penasaran dengan kejadian yang dialami, Baim kemudian mencari tahu di internet tentang kejadian yang dialami.

Dari sana Baim menyadari bahwa dirinya telah menjadi korban penipuan yang dilakukan melalui pesan WhatsApp dan memutuskan mengganti semua password.

"Saya merasa menjadi korban peretasan pihak tidak bertanggung jawab, saya memutuskan segera memblokir semua rekening saya," tutur Baim.

"Saya periksa kembali satu per satu aplikasi layanan keuangan yang ada di handphone dan mengganti semua passwordnya," imbuh Baim.

Dengan membagikan ceritanya ini, Baim berharap tak ada lagi orang yang gegabah mengklik file atau percaya pada kode OTP dari nomor tak dikenal.

"Kemarin saya juga sudah konsultasi ke teman di Bareskrim, dia membenarkan sekarang marak penipuan lewat WhatsApp," kata Baim.

"Please hati-hati, khususnya pengiriman pesan melalui WhatasApp, baik OTP, pesan promo, pengiriman kode password dan lain-lain, hati-hati," sambungnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Baim Wong (@baimwong)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com