Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

G-Dragon Siap Hadiri Pemeriksaan Polisi atas Dugaan Penyalahgunaan Narkoba

Kompas.com - 31/10/2023, 16:07 WIB
Andika Aditia

Penulis

Sumber Yonhap

KOMPAS.com – Anggota grup Kpop BIGBANG G-Dragon akan secara sukarela hadir di hadapan polisi untuk diperiksa atas dugaan penyalahgunaan narkoba minggu depan.

Informasi ini disampaikan pengacara G-Dragon Kim Su-hyeon pada Selasa (31/10/2023).

"Ini untuk penyelidikan yang cepat dan adil," kata pengacara Kim Su-hyeon dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Yonhap News, Selasa.

Baca juga: Yakin Tak Bersalah, G-Dragon Disebut Rela Keluarkan Rp 23 Miliar untuk Sewa Pengacara

G-Dragon diduga menggunakan obat-obatan terlarang yang melanggar Undang-Undang Pengendalian Narkotika.

Namun, G-Dragon telah membantah tudingan tersebut.

Polisi pada hari Selasa mengatakan mereka telah mengatur pertemuan dengan G-Dragon, dan menambahkan bahwa mereka akan melakukan tes narkoba instan terhadapnya untuk memeriksa apakah dia menggunakan narkoba.

Baca juga: Kuasa Hukum: Tidak Benar G-Dragon Gunakan Narkoba

Badan Kepolisian Metropolitan Incheon menjadwalkan pemeriksaan sejak minggu lalu untuk penyelidikan dan melarang G-Dragon meninggalkan Korea Selatan.

Pernyataan itu muncul satu hari setelah G-Dragon, yang bernama asli Kwon Ji-yong, mengumumkan niatnya untuk hadir dalam penyelidikan.

Sementara itu, polisi juga memanggil aktor Lee Sun-kyun untuk menjalani pemeriksaan kedua pada hari Sabtu (29/10/2023), setelah Lee kembali ke rumah setelah tes reagen singkat minggu lalu, yang hasilnya negatif.

Baca juga: Polisi Keluarkan Larangan Bepergian untuk G-Dragon dan Lee Sun Kyun

Lee diduga menggunakan ganja dan obat-obatan terlarang lainnya di rumah seorang perempuan yang bekerja di sebuah bar kelas atas di distrik Gangnam Seoul beberapa kali sejak awal tahun ini.

Polisi telah meminta Badan Forensik Nasional melakukan analisis menyeluruh terhadap sampel urin dan rambutnya, yang mungkin memerlukan waktu lebih dari dua minggu untuk keluar.

Polisi mengatakan mereka akan meninjau kemungkinan mengajukan surat perintah penangkapan terhadap Lee, tergantung pada apakah aktor tersebut mengakui tuduhannya dan berapa kali dia menggunakan narkoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com