Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Andhika Pratama Pernah Trauma Terjun ke Dunia Komedi

Kompas.com - 20/10/2023, 12:43 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Kini dikenal sebagai salah satu komedian, aktor dan presenter Andhika Pratama ungkap momen di mana dirinya pernah merasa trauma dan menghindari dunia komedi.

Saat pertama kali mendapat tawaran untuk mengisi acara komedi, Andhika masih aktif di dunia akting.

"Gue didandanin jadi setan, part gue di situ kecil banget," ucap Andhika dikutip dari YouTube WOY!.

Baca juga: Andhika Pratama Mengaku Terbebani Dilabeli sebagai Pelawak, Kenapa?

"Dan gue takut akhirnya datang ke acara komedi karena gue enggak tahu gue harus ngapain?" lanjutnya.

Merasa takut dengan pengalaman pertamanya itu, Andhika bahkan meminta pada manajemennya untuk tidak lagi menerima tawaran mengisi acara komedi.

"Dari situ gue (bilang) 'enggak mau ya bintang tamu gini-gini lagi, beban.' Tapi manajemen gue 'enggak apa-apa, itu satu duit, satu pengalaman,'" tutur Andhika.

"Dari situ gue mikir komedi itu jurang yang serem, waktu itu," imbuhnya.

Baca juga: Heboh Pelawak Sombong, Parto Patrio Ungkap Alasan OVJ Beberapa Kali Ganti Pemain

Tak lama kemudian, Andhika kembali mendapatkan tawaran menjadi bintang tamu. 

"Akhirnya dapat kesempatan lagi di Comedy Project, 'waduh, sama siapa?' bingung gue. Hari pertama gue bingung gimana masuk ke kalian," ucap Andhika.

Bukan itu saja, Andhika juga mengungkap perkataan orang yang membuatnya tak percaya diri untuk mencoba dunia komedi lagi. 

"Ditempat gue bekerja, orang-orang yang lumayan punya pengaruh melontarkan itu, bahwa lo tuh porsinya bukan bawa punchline, lo porsinya cuma ngatur benang merah biar enggak kemana-mana," ucap Andhika Pratama.

"Hal-hal itu bukin gue enggak Pede. Kalau gue hanya diperlakukan sebatas itu ngapain gue berlama-lama di tempat ini," sambungnya.

Karena itu, Andhika sempat menolak ketika mendapat tawaran menjadi salah satu pengisi acara Lapor Pak!

Namun Wendi Cagur yang saat itu merekomendasikan dia, berusaha meyakinkan Andhika.

"Lapor Pak! gue nolak tawaran itu, gue sampai chat-an sama lo, bener enggak lo yang minta gue ada di situ?" kata Andhika.

"Gue chat, 'kenapa gue, gue enggak pede, trauma sebelum-sebelumnya di komedi, itu bukan tempat gue.' Tapi lo meyakinkan gue, dari situ gue memberanikan diri masuk dan awalnya gamang juga," lanjutnya.

Kerja kerasnya selama ini berbuah manis, Andhika masuk nominasi seniman komedi pria terfavorit di Anugerah Komedi Indonesia 2023.

Walaupun sudah masuk nominasi, Andhika merasa dirinya masih tak pantas untuk masuk dalam kategori yang sama dengan pelawak senior lainnya.

"Kalau ditaruhnya kategori new comer atau apa lah, mungkin masih enggak apa-apa. Tapi pas dikasih di label yang sama, sama lo, Cak Lontong, Denny dan teman-teman lainnya, beban asli gue," ujar Andhika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com