Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita YouTuber Ken dan Grat Diduga Kena Tipu Lelang Online Rp 9 Juta

Kompas.com - 16/10/2023, 14:38 WIB
Cynthia Lova,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasangan YouTuber, Kenneth Chandra (Ken) dan Gratiana Lianto (Grat), mengalami hal tak mengenakkan baru-baru ini.

Ken dan Grat awalnya mengikuti lelang di sebuah akun Instagram.

Namun, meski sudah mengirimkan uang kepada pihak lelang, barang lelang yang seharusnya mereka dapat belum diterima sampai hari ini.

Hari ini benar-benar patah hati banget. Merasa kesal dengan diri sendiri, dan enggak kebayang bisa dalam situasi kayak gini,” tulis Ken dalam keterangan unggahannya di akun Instagram @kenandgrat yang sudah dikonfirmasi Kompas.com, Senin (16/10/2023).

Baca juga: YouTuber dan Korban Perundungan 12 Tahun, Pyo Ye Rim Meninggal Dunia

Dalam akun Instagram-nya, Ken dan Grat bercerita bahwa mereka awalnya iseng-iseng mengikuti lelang di akun Instagram tersebut.

Ternyata, Ken dan Grat berhasil memenangi sebuah laptop dengan harga Rp 3,4 juta.

Awalnya tanpa curiga kita transfer dengan nominal Rp 3.445.000.00 termasuk ongkirnya. Dan dari (akun lelang) melaporkan bahwa akan dikabari segera resinya,” tulis Ken dan Grat.

Namun, ternyata keesokan harinya mereka dimintai uang jaminan oleh akun tersebut dengan nominal Rp 2.850.000 untuk pajak penitipan barang tersebut kepada seller.

Baca juga: Sedang Ngonten Saat Terjadi Penembakan di Siam Paragon, YouTuber Korea: Apa yang Terjadi?

Ken dan Grat kembali mentransfer uang yang diminta pihak penyelenggara lelang meski ada rasa curiga.

Perasaan kita sudah enggak enak sekali, kenapa ada lelang yang meminta kami mentransfer berulang ulang kali . Tapi ya kami pikir sudah terlanjur jadi kami transfer,” tulis Ken dan Grat.

Tak sampai di situ, Ken dan Grat kembali diminta untuk mentransfer lagi senilai Rp 3.250.000 untuk asuransi pihak pengiriman barang.

Meski sudah benar-benar curiga, Ken dan Grat kembali mentransfer uangnya.

Setelah satu jam sudah mentransfer, Ken dan Grat diminta lagi untuk mentransfer Rp 3.650.000 uang impor barang tersebut.

Baca juga: Cerita YouTuber Shanty Hampir Didenda di China karena Punya 2 Anak

Kali ini kami enggak transfer lagi. Kok aneh sekali, menang lelang barang Rp 3,4 juta tapi total transfer adalah 12 juta lebih dan tidak diinfo dari awal. (Kalau diinfo sejak awal kami tidak mau ikut lelang),” tulis Ken dan Grat.

Ken dan Grat mengaku bingung harus seperti apa. Mereka kemudian meminta akun penyelenggara lelang untuk membatalkan proses pembelian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com