Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minta Naff Berhenti Nyanyikan Lagu Ciptaannya, Ady: 13 Tahun Mereka Masih Ngandalin Lagu Gue

Kompas.com - 12/10/2023, 11:54 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Mantan vokalis band Naff, Rusyaedi Makmun atau Ady ingin Naff bisa keluar dari zona nyaman dan berhenti menyanyikan lagu-lagu ciptaannya.

Ady merasa 13 tahun adalah waktu yang cukup untuk Naff keluar dari zona nyaman dan mendorong diri mereka untuk berkarya dan mencetak lagu hits lagi.

"Kalau berpikir positif, teman-teman mau buka pikirannya, 13 tahun mereka masih ngandelin lagu gue," kata Ady dikutip dari YouTube Dunia Manji.

"Mereka punya lagu, ada lagu barunya. Tapi Naff identik dengan lagu-lagu itu 'Akhirnya Ku Menemukanmu', 'Terendap Laraku', 'Kau Masih Kekasihku', 'Bila Nanti Kau Milikku,' apa gue sebut 60 lagu? Kan enggak perlu," sambungnya.

Baca juga: Bukan Ikut-ikutan, Ady Ungkap Alasan Larang NAFF Bawakan Lagu-lagu Ciptaannya Setelah 13 Tahun

Sebagai orang yang dulu membentuk Naff dan memilih anggotanya sendiri, Ady percaya anggota band Naff sebenarnya juga memiliki kemampuan menciptakan lagu-lagu hits, asalkan mau keluar dari zona nyaman. 

"Kalau mereka berani keluar dari zona itu dan mereka push untuk berkarya, gue tahu kemampuan anak-anak Naff, gue pernah di dalam," ujar Ady.

"Ada 'Kenanglah Aku' itu bukan karya gue, keren kan? Sampai hari ini legend itu lagu. Kenapa enggak bikin itu lagi?" ucap Ady bertanya-tanya.

Ady  menegaskan bahwa dirinya sama sekali tidak mempersoalkan seandainya Naff masih menyanyikan lagu-lagu yang mereka ciptakan bersama. Dia juga tak menuntut royalti apapun dari 13 tahun mereka menyanyikan lagu ciptaannya. 

Baca juga: Ditanya soal Kisruh Royalti Pencipta dan Penyanyi, Duta Sheila On 7: Dinikmati Musiknya Aja

Tapi sejak somasi dikirimkan pada September 2023 dan kedepannya, Ady tegas ingin Naff berhenti menyanyikan lagu-lagu yang murni diciptakannya sendiri.

"Ada lagu yang berdua, gue enggak masalahin. Gue juga bilang di surat pernyataan terbuka, bahwa dengan tegas gue tidak akan membawakan lagu-lagu yang diciptakan teman-teman di Naff, dan gue konsekuen dengan itu," ujar Ady.

"Coba deh, Naff manggung tanpa 'Akhirnya Ku Menemukanmu', saya tantang. Kalau mereka benar-benar punya etika dan moral," sambungnya.

Sikap tegas yang diambil Ady ini sebenarnya bukan diputuskan baru-baru ini saja karena mengikuti yang sedang ramai diantara musisi pencipta lagu dan penyanyinya. 

Setahun setelah keluar dari Naff, Ady sebenarnya sudah sempat mengirimkan somasi tapi kemudian dibatalkan karena teguran dari ayahnya.

Tapi setelah melihat anaknya terjun ke dunia musik, Ady ingin mewariskan lagu-lagu ciptaannya untuk anak cucunya.

"Gue lihat anak gue tumbuh, ternyata dia suka musik, dia vokalis, gue mikir lagi, nih gue punya pewaris, bukan kah karya bisa kita wariskan," kata Ady.

"Gue mati, ada yang klaim, gimana? Gue enggak sempat bela hak anak gue," ucap Ady.

Karena itu, Ady berharap Naff bisa berhenti menyanyikan lagu ciptaannya. Menurutnya 13 tahun adalah waktu yang cukup lama untuk mereka menikmati karya ciptaannya.

"Hidup pilihan, kita enggak bisa memilih selalu hidup tenang, hidup nyaman dengan karya orang lain," ujar Ady.

"Dan gue bilang sama Naff, enough pakai lagu gue," tutup Ady.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com