Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabar Terbaru Bruce Willis Setelah Didiagnosis Demensia

Kompas.com - 26/09/2023, 15:07 WIB
Andika Aditia

Penulis

KOMPAS.com - Istri aktor Bruce Willis, Emma Heming, membagikan kabar terbaru tentang suaminya setelah diagnosis demensia frontotemporal (FTD).

Setelah mengumumkan diagnosisnya pada bulan Februari, Emma muncul di Today on Monday (25/9/2023) untuk membahas kondisinya, menggambarkan betapa “sulitnya” kondisi tersebut bagi seluruh keluarga, termasuk kedua putri mereka Mabel (11) dan Evelyn (8).

“Yang saya pelajari adalah demensia itu sulit,” kata Emma di acara itu seperti dilansir NME, Selasa (26/9/2023).

Baca juga: Bruce Willis Pensiun Dini, Arnold Schwarzenegger Bereaksi

“Sulit bagi orang yang didiagnosis, juga sulit bagi keluarga. Dan itu tidak ada bedanya bagi Bruce, saya sendiri, atau putri kami. Ketika mereka mengatakan ini adalah penyakit keluarga, itu memang benar,” imbu Emma.

Demensia frontotemporal adalah bentuk penyakit langka yang menyebabkan kemunduran pada pergerakan, kepribadian, perilaku, dan bahasa.

“Saya pikir itu adalah berkah dan kutukan,” kata Emma tentang diagnosis Bruce Willis.

Baca juga: Bruce Willis yang Idap Demensia Dibuntuti Paparazi, Istri Minta Privasi Suaminya Dihormati

“Akhirnya memahami apa yang sedang terjadi sehingga saya bisa menerima apa yang terjadi. Hal ini tidak mengurangi rasa sakitnya, tetapi dengan menerima dan mengetahui apa yang terjadi pada Bruce, akan membuatnya sedikit lebih mudah,” tambah Emma.

Ketika ditanya apakah Bruce Willis mengetahui apa yang terjadi padanya, Emma menjawab: “Sulit untuk mengetahuinya.”

“Kami adalah keluarga yang sangat jujur dan terbuka,” ucap Emma, ketika ditanya tentang bagaimana mereka menjelaskan penyakit tersebut kepada putri mereka.

Baca juga: Bruce Willis Didiagnosis Demensia Frontotemporal, Sulit Bicara dan Berjalan

“Dan hal yang paling penting adalah kami bisa mengatakan apa penyakitnya, menjelaskan apa itu penyakit, karena jika Anda mengetahui penyakit itu dari sudut pandang medis, maka semuanya masuk akal,” ucap Emma.

“Jadi, penting bagi kita untuk memberi tahu mereka apa yang terjadi karena, Anda tahu, saya tidak ingin ada stigma atau rasa malu yang melekat pada diagnosis ayah mereka, atau bentuk demensia apa pun.”

Baca juga: Sinopsis Film Out of Death, Menampilkan Aktor Bruce Willis

Keluarga Bruce Willis sebelumnya mengumumkan pada Maret 2022 bahwa dia akan berhenti dari dunia akting setelah menderita afasia, suatu kondisi yang menghambat kemampuan seseorang untuk berbicara dan menulis.

Quentin Tarantino, bagaimana pun, dilaporkan ingin memberikan aktor tersebut penampilan film terakhirnya di film berikutnya, The Movie Critic. Pasangan ini sebelumnya bekerja bersama pada film Pulp Fiction tahun 1994.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com