Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chef Arnold Tanggapi Heboh Perseteruan Food Vlogger Farida Nurhan dan Codeblu

Kompas.com - 26/09/2023, 08:15 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Chef Arnold Poernomo tanggapi perseteruan di dunia food vlogger yang sedang menjadi sorotan sejak minggu lalu antara Farida Nurhan atau Omay dengan Codeblu.

Perseteruan itu berawal dari review atau ulasan jujur dari Codeblu terhadap warung makan oseng Nyak Kopsah, mendapat kritik dari Farida Nurhan.

Atas kehebohan di dunia food vlogger yang berawal dari review jujur, Chef Arnold mengutarakan pandangannya tentang review jujur.

"Cuma mau bilang... review tempat makan secara jujur itu tidak apa-apa kalau konstruktif," tulisnya di akun @ArnoldPoernomo.

Tapi ketika ada review buruk terhadap makanan atau tempat makan, sebaiknya disertai dengan solusi kepada pemilik tempat makan.

Baca juga: Kronologi Kehebohan antara Pemilik Warung Oseng Nyak Kopsah dan Food Vlogger Aa Juju

"Bad review enggak apa-apa tapi kasih masukan dan solusi…kalau tempatnya kurang ya bisa kasih masukan ke ownernya dan review lagi apa sudah diperbaiki atau belum," tulis Arnold.

"Review jujur dengan hinaan kadang agak tipis," lanjutnya.

Arnold juga mengatakan, memberikan pandangan baik positif atau berupa kritik merupakan hak setiap orang yang mendatangi tempat makan.

"Sebagai customer, itu hak kalian," tulis Arnold.

Untuk diketahui, Codeblu merupakan food vlogger yang terkenal kritis setiap kali menyampaikan penilaiannya terhadap makanan, penyajian ataupun tempat makan.

Baca juga: Ditertawakan Farida Nurhan, Sosok Food Vlogger Codeblu Ternyata Lulusan S2

Ketika mendatangi warung Nyak Kopsah, Codeblu menemukan banyak kekurangan, mulai dari kualitas bahan yang tidak segar, pengolahan makanan yang tidak tepat.

"Ini cumi waduh ini cumi saus Padangnya, enggak amis tapi kayak enggak fresh, lihat nih udangnya, tuh ta*inya masih ada, kek mana ini ta* masih ada," ujar Codeblu di akun @codebluuuu.

"Fuyunghai, benyek-benyek tepung kebanyakan, bumbu kagak berasa, kayak makan gumpalan mun**h dikasih bumbu saus manis," tuturnya sambil menunjukkan fuyunghai yang kemudian disebutnya lebih mirip bala-bala dibanding fuyunghai.

Farida Nurhan, food vlogger yang sudah lebih dulu mengulas warung makan Nyak Kopsah, memberikan kritik atas cara Codeblu mengulas makanan.

Namun tak hanya memberikan kritik atas cara Codeblu menilai makanan di warung Nyak Kopsah, Farida Nurhan bahkan menyerang Codeblu secara pribadi dengan mengungkap identitas asli hingga menertawakan fisiknya.

Atas kejadian itu, Codeblu mengaku telah resmi melaporkan Farida Nurhan ke kantor polisi Polda Metro Jakarta Selayan karena dianggap telah melakukan doxing.

Dikutip dari jurnal Fordham University School of Law, Sarah Jeong mendefinisikan doxing sebagai publikasi tempat tinggal fisik, alamat, atau informasi yang dilindungi undang-undang.

Doxing sering kali digunakan sebagai sebuah alat oleh banyak pelaku untuk melecehkan satu subjek. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com