Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisruh Review Warung Makan Nyak Kopsah, Food Vlogger Farida Nurhan Terancam Dilaporkan Codeblu ke Polisi

Kompas.com - 25/09/2023, 09:55 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Perseteruan antara food vlogger Farida Nurhan dengan Codeblu kini bertambah panjang setelah Farida menyerang dengan mengungkap identitas pribadi Codeblu di media sosial.

Berawal dari konten Codeblu tentang warung makan Nyak Kopsah. Di konten itu, Codeblu yang dikenal kritis dan blak-blakan saat menilai makanan, membuat kritikan tajam tentang makanan di warung Nyak Kopsah.

Video yang diunggahnya di TikTok sampai saat ini bahkan telah ditonton lebih dari 27 juta kali.

Sebagai informasi, Codeblu cukup dikenal sebagai kreator konten yang sering membuat berdebar pemilik restoran ternama karena ulasannya yang jujur.

Baca juga: Heboh Review Jujur Food Vlogger A Juju di Warung Nyak Kopsah, Respons Pemiliknya, Bang Madun Disorot

Codeblu selama ini merahasiakan identitasnya. Tapi tak sedikit yang menduga dia adalah sosok penasihat kuliner profesional, karena itu dia selalu menyembunyikan wajahnya.

Tapi setelah membuat unggahan tersebut, Farida membuat konten yang mengungkap identitas Codeblu dan menertawakannya.

"Codeblu yang mana, Ya Allah ini," kata Omay setelah melihat di handphone kemudian tertawa di akun TikTok @faridanurhan.

"Tak pikir kayak chef Juna, makanya enggak pakai video, enggak pakai foto, sok bisa review, sok ngerti FnB. Aku enggak menghina yo, ini apa kok kayak dukun lagi ngapain kamu, siapa dia namanya aslinya," lanjutnya sambil tertawa.

Baca juga: Kronologi Kehebohan antara Pemilik Warung Oseng Nyak Kopsah dan Food Vlogger Aa Juju

Bukan itu saja, nama asli Codeblu yang selama ini dirahasiakan juga terungkap setelah Omay membuat video lain yang membocorkan voice note.

Namun video tersebut sudah tidak bisa ditemukan lagi di akun TikTok milik Omay.

Atas kejadian tersebut, Codeblu kemudian melaporkan Omay ke kantor polisi atas dugaan doxing.

"Sekarang karena dia enggak jelas nyerang personal, aku mau laporin, karena itu bukan ranah dia," kata Rosa, istri Codeblu saat live TikTok di akun @codebluuuu.

"Kenapa sih ini kan dari makanan tiba-tiba ke personal. apalagi dia nyebarin berita bohong," imbuhnya.

Kemudian terdengar suara Codeblu menanggapi ucapan istrinya.

"Tahu enggak, polisi itu punya alat, dia bisa lacak. Udah masuk ke penyidik enggak bisa cepet. Nanti kita akan dipanggil lagi buat jadi saksi," kata Codeblu saat live TikTok di akun @codebluuuu

"Kecuali dia ngaku, minta maaf, klarifikasi, semuanya," imbuhnya.

Sebelum heboh dengan Codeblu yang mengulas warung makan Nyak Kopsah, Farida Nurhan juga heboh karena mengkritik food vlogger A Juju karena memberikan ulasan buruk tentang warung makan yang terletak di daerah Cipondoh, Tangerang itu. 

@codebluuuu Saya bukan food reviewer yang punya STANDARD, atau IJIN PRAKTEK, tapi saya adalah manusia dengan STANDARD TINGGI, apalagi kalau katanya enak banget makanan nya, sudah pasti saya harus coba dong. Pendapat saya yang tidak punya standard adalah trmpat makan nya, bukan prngunjung nya. 1. Tempat tidak nyaman 2. Harga tidak bersahabat utk warung yang posisi depan kali. 3. Service dan pelayanan sebenernya baik, tetapi tidak sopan dan kurang wawasan, menegur tanpa bilang permisi, dan salah informasi. 4. Saya sangat geram dengan cara dagang yang banyak gimmick, apalagi kurang jujur kurang tulus. Nasi setengah piring dia jual Rp 20.000,- tidak manusiawi, apalagi ini warung. 5. Bon nya salah hitung, saya makan total Rp 303.000,- saya bayarnya Rp 315.000,- KEK MANA. 6. Rasa makanan Rica rica pedas yang cenderung tidak balance, bumbu nya banyak tapi yang terasa di lidah hanya cabai dan kemangi. Lalu kemana bumbu yang lain, masak rica kan pake tomat, jahe, kemiri, daun jeruk, dll.... KEK MANAAAA 7. Cumi nya kurang fresh dan overall bumbu nya tidak bisa elevate the dish jadi malas makan, untuk dia masak nya fresh, ada banyak makanan yang tidak dimasak fresh, yang ini ketolong karena masak nya baru, jadi panas, masih enak. 8. Sambel lencah no comment, karena pedas nikmat enak segar, sesuai namanya. 9. Mix oseng sangat mengecewakan ayan kering keras bumbu tidak resap, sudah ntn youtube bertubi2 sangat mengharapkan makanan oseng nya enak, malah bikin bete, bayar nya ga happy. 10. Fu yung hai, ini setengah penipuan, bukan funyung hai tapi bakwan di kasih saos funyung hai, saya makan funyung hai udah lebih dari 25th jadi saya sangat mengerti rasa fu yung hai tidak begitu. Hancur rada sangat bau gas dan bertepung bumbu bikin eneg, kaya makan muntah. 11. Telur dadar enak. 12. Tahu tempe goreng B ajah. 13. Bungkus nya pakai sterofoam, tetapi tamu lain hanya dikasih kantong kantong, lalu suruh bungkus sendiri, saya dibungkusin di dapur ga keliatan. Ini tidak benar harusnya fair semua bayar pakai uang treatment harus adil. Nilai secara umum nya 3/10 Rasa 6/10 Harga 1/10 sangat mahal @McNugget ? Suspense, horror, piano and music box - takaya

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com