Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Fakta Terbaru RIIZE, Boy Group dari SM Entertainment

Kompas.com - 25/09/2023, 15:02 WIB
Sania Mashabi,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - SM Entertainment baru saja baru merilis boy group bernama "RIIZE" pada 4 September 2023.

Dalam debutnya, RIIZE yang beranggotakan tujuh orang, yakni Shotaro, Eunseok, Sungchan, Wonbin, Seunghan, Sohee, dan Anton merilis dua lagu yang berjudul "Memorise" dan "Get A Guitar".

Setelah debut, RIIZE banyak tampil diberbagai macam acara termasuk konser yang baru-baru ini digelar di Jakarta, SMTOWN LIVE 2023 Jakarta, Sabtu (23/9/2023).

Baca juga: Tampil di SMTOWN LIVE 2023, RIIZE Bawakan 2 Lagu Debutnya

Saat tampil di SMTOWN, RIIZE berhasil membawa para penonton untuk bernyanyi lagu-lagu mereka yang baru saja dirilis.

Jika ingin lebih mengenal RIIZE, Kompas.com merangkum beberapa fakta tentang grup tersebut:

1. Fandom

RIIZE sudah memiliki sebutan untuk para penggemarnya. Awalnya pihak SM Entertainment merilis bahwa fandom RIIZE akan disebut sebagai "SUNZ".

Namun, dilansir dari Soompi, SM akhirnya memutuskan tak memakai kata "SUNZ" karena dikhawatirkan bisa mengarah ke kata-kata yang negatif.

Baca juga: RIIZE Akan Tampil di Indonesian Television Awards 2023, Catat Tanggalnya

Hingga SM akhirnya mengganti nama fandomnya dari "SUNZ" menjadi "BRIIZE".

"Karena tujuannya adalah untuk memiliki nama yang membawa arti positif untuk memanggil semua penggemar yang mendukung RIIZE dan nama yang menandakan pertumbuhan kolektif [RIIZE dan para penggemar], kami telah memutuskan untuk mengubah nama klub penggemar menjadi yang kedua paling banyak- opsi yang dipilih, BRIIZE," kata SM Entertainment dilansir dari Soompi, Senin (25/9/2023).

2. Cetak sejarah penjualan album

Album terbaru mereka yang berjudul "Get A Guitar" sudah berhasil menjual 1.016.849 kopi per tanggal 10 September berdasarkan laporan dari Hanteo Chart yang dikutip dari Soompi.

Baca juga: RIIZE Umumkan Nama Fandom di Showcase Debut

Hal itu menjadikan RIIZE sebagai grup pertama bukan bentukan acara survival yang melampaui 1 juta pada minggu pertama.

Jika dilihat dari jajaran grup yang melakukan debut dari acara survival, RIIZE masih termasuk artis kedua dengan penjualan album terbanyak pada mimggu pertama debut.

3. Kontrak dengan label Amerika

RIIZE kini juga sudah menandatangani kontrak dengan label rekaman tertua kedua di Amerika, yakni RCA Records di bawah naungan perusahaan global Sony Music Entertainment.

RCA Records adalah label rekaman yang menampilkan musik dari beragam genre dan menampung artis terkenal di seluruh dunia seperti Doja Cat, Justin Timberlake, Khalid, P!NK, Foo Fighters, SZA, dan banyak lagi.

Baca juga: Kontroversi Seunghan Jelang Debut RIIZE

Dilansir Soompi, Chief Business Officer SM Jang Yoon Joong mengatakan, RIIZE membuka generasi baru K-pop dan ia merasa terhormat bisa bekerja sama dengan RCA Records.

"Merupakan suatu kehormatan untuk berkolaborasi dengan RCA Records dan kami berharap dapat membuat sejarah bersama," kata Jang Yoon Joong.

Sementara CEO RCA Records Peter Edge berbagi, menilai RIIZE adalah artis yang sangat serba bisa. Mereka pun dengan senang hati menyambut RIIZE bergabung dengan RCA Records.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com