Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mike Wiluan Jadi Penulis Naskah dan Sutradara Film Orang Ikan, Dibintangi Dean Fujioka dan Callum Woodhouse

Kompas.com - 20/09/2023, 12:31 WIB
Cynthia Lova,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

Sumber Variety

KOMPAS.com - Aktor Jepang, Dean Fujioka dan aktor Callum Woodhouse akan membintangi Orang Ikan, film horor dengan latar belakang Perang Dunia II.

Naskah film ini ditulis oleh Mike Wiluan yang merupakan sutradara serta produser di industri film Singapura dan juga Indonesia.

Mike Wiluan pun akan menjadi pengarah atau sutradara film tersebut.

Baca juga: Jisoo BLACKPINK Jadi Cameo di Film Dr. Cheon and Lost Talisman

Hak internasional atas Orang Ikan telah diambil alih oleh rumah produksi SC Films International yang berbasis di London, Inggris, yang akan merilis penjualan proyek tersebut di festival Busan dan pasar pendampingnya bulan depan.

Film Orang Ikan ini akan mulai syuting pada Oktober 2023 di Wiluan’s Infinite Studios di Batam, Indonesia.

Ini adalah salah satu studio produksi terbesar di Asia Tenggara dengan hanya perlu naik kapal feri dari Singapura, sebelum pindah ke hutan Jawa.

Baca juga: Alasan Iko Uwais Tak Ikut Promosikan Film The Expendables 4

Film ini diproduksi oleh rumah produksi Gorylah Pictures dan juga diproduseri oleh produser film Singapura, Eric Khoo.

Film Orang Ikan ini adalah kerja sama empat negara antara Singapura, Indonesia, Jepang, dan Inggris. Film ini juga mendapat dukungan dari Komisi Film Singapura.

“Ini adalah momen yang sangat menarik bagi saya. Bagaimana jika Orang Ikan terdampar di skenario tersebut? Untuk bertahan hidup, dua musuh bebuyutan harus bekerja sama untuk melawan binatang menakutkan ini! Premis yang menarik!” kata Khoo kepada Variety.

Baca juga: Pemain Film Ipar Adalah Maut Diumumkan, Deva Mahenra Dipasangkan dengan Michelle Ziudith

Khoo mengaku senang karena setelah 30 tahun berkecimpung di industri film, ia akhirnya bisa memproduksi film horor pertamanya yang berkolaborasi dengan Mike Wiluan.

Mike Wiluan mengatakan, Orang Ikan adalah kisah bertahan hidup dengan tema horor yang berlatarkan tragedi realistis selama Perang Dunia II di Asia.

“Menggunakan setting studio dan pemandangan alam liar Indonesia yang indah, saya bersemangat untuk mengabadikan ketegangan, kengerian dan keindahan konsep ini di berbagai lokasi yang eksotis,” kata Wiluan.

Wiluan mengatakan, ia telah mengumpulkan para artis berbakat dan kru terbaik dalam memproduksi Orang Ikan ini.

Baca juga: 11 Hari Tayang, Film Air Mata di Ujung Sajadah Tembus 1 Juta Penonton

“Setiap produksi akan memiliki serangkaian tantangan uniknya sendiri dan film ini akan menjadi tantangan kreatif dan fisik terbesar bagi saya yang ingin saya atasi,” tutur Wiluan.

Film Orang Ikan ini mengambil latar belakang di Pasifik tahun 1942 yang mengisahkan sebuah kapal Jepang mengangkut tawanan perang ke wilayah pendudukan sebagai pekerja paksa.

Setelah ditorpedo oleh kapal selam sekutu, seorang tentara Jepang dan seorang tawanan perang Inggris terdampar di pulau terpencil, tetapi segera menyadari bahwa mereka tidak sendirian.

Mereka diburu oleh makhluk mitologi ganas, Orang Ikan, hibrida manusia-ikan.

Karena tidak dapat berkomunikasi dalam bahasa satu sama lain, kedua musuh bebuyutan ini harus bersatu untuk bertahan hidup dalam hal yang tidak diketahui.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com