Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ruben Onsu Sebut Sepinya Pasar Tanah Abang Bukan karena Artis Jualan di TikTok Shop

Kompas.com - 18/09/2023, 19:18 WIB
Ady Prawira Riandi,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presenter Ruben Onsu mengatakan bahwa sepinya Pasar Tanah Abang bukan karena artis ikut berjualan di TikTok Shop.

Menurut Ruben, ini adalah tanggung jawab pemerintah yang tidak bisa mengimbangi kemajuan teknologi.

Pemerintah sedang menggodok wacana untuk mencabut izin berjualan TikTok Shop karena merugikan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Baca juga: Dikritik Bikin Dagangan UMKM Sepi, Ruben Onsu: Saya Tidak Merugikan Orang Lain

“Menurut gue ini bukan tugas artis, ini tugasnya pemerintah untuk ngurus, Tanah Abang kosong artis disalahin. Ya setop kalau teknologinya canggih, jangan masuk ke Indonesia, (kita) maunya SMS-an, gitu aja gampang,” kata Ruben saat ditemui di Jakarta Selatan, Senin (18/9/2023).

Nama Ruben Onsu sempat dikritik oleh sejumlah warganet karena turun langsung berjualan sembako dalam siaran langsung di TikTok Shop.

Aksi Ruben itu dinilai merugikan pabrik-pabrik sembako lain yang masih menggunakan jalur konvensional.

Baca juga: Izin Jualan TikTok Akan Dicabut, Ruben Onsu Pertanyakan Keputusan Pemerintah

Ayah tiga anak ini beralasan dia menerima tawaran berjualan di TikTok Shop agar bisa berada di rumah dan tak harus mengambil pekerjaan malam di luar.

Selain itu suami Sarwendah ini juga merasa ikut membantu beberapa pabrik sembako yang memang sudah pailit sehingga menawarkan produknya untuk diakuisisi.

“Intinya saya enggak mau akuisisi (pabrik itu), kamu kelola aja dan saya beli full produknya. Saya beli aja terus demi menyelamatkan orang yang kerja dan berada di situ kan,” kata Ruben.

Aksi heroik Ruben Onsu itu justru malah mendapat nyinyiran dari netizen.

Baca juga: Raup Omzet Rp 16 Miliar, Ruben Onsu Catatkan Rekor Baru Shopee Live pada Puncak Kampanye Shopee 9.9 Super Shopping Day

“‘Gila dia udah kaya masih aja jualan online’, ini bukan masalah kaya dan miskinnya, tapi yang ditanya adalah bagaimana lu peduli sama situasi yang terjadi dan lu langsung action,” tegas Ruben.

Ruben Onsu mengaku sudah tak peduli lagi dengan komentar-komentar netizen.

Kakak Jordi Onsu ini hanya ingin berbuat baik dan peduli kepada orang-orang sekitar yang membutuhkan tanpa harus memikirkan apa omongan orang lain.

“Jadi gue pengen jadi orang yang apa adanya, yang orang suka sama gue akan suka, yang enggak suka ya tetap aja akan enggak suka,” tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com