Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Pernah Cover Lagu Van Halen, Putra Eddie Van Halen Ungkap Alasannya

Kompas.com - 18/09/2023, 13:58 WIB
Andika Aditia

Penulis

KOMPAS.com - Wolfgang Van Halen menjelaskan mengapa dia tidak mengcover lagu-lagu band ayahnya secara live.

Wolfgang Van Halen yang bermain di bawah proyek Mammoth WVH ini sempat membawakan lagu Van Halen berjudul “On Fire”, “Hot For Teacher” dan “Panama” di konser penghormatan untuk mendiang Taylor Hawkins selaku drummer Foo Fighters pada tahun lalu.

Wolfgang Van Halen bermain bersama pentolan The Darkness Justin Hawkins pada vokal, Dave Grohl dari Foo Fighters pada bass, dan Josh Freese pada drum di dua konser sebagai penghormatan kepada mendiang Taylor Hawkins.

Baca juga: Gitar Milik Eddie Van Halen Terjual Seharga Rp 58,3 Miliar

"Itu sangat indah. Ini adalah pengecualian, ini adalah waktu yang tepat untuk melakukannya,” kenang Wolfgang di ‘Talk Is Jericho’, podcast yang dibawakan penyanyi Fozzy, Chris Jericho.

Wolfgang mengungkapkan alasan mengapa akhirnya mau membawakan lagu milik Van Halen saat penghormatan untuk mendiang Taylor Hawkins.

“Taylor adalah penggemar beratnya (Van Halen) dan untuk mendapatkan kepuasan saya sendiri dengan melakukan penghormatan langsung kepada ayah Van Halen, rasanya hal yang benar untuk dilakukan pada saat itu. Saya sangat bangga akan hal itu,” ucap Wolfgang seperti dilansir Louder, Senin (18/9/2023).

Baca juga: Brian May, Gitaris Queen, Ungkap Penyesalan dan Kenangan Indah dengan Mendiang Eddie Van Halen

Wolfgang kemudian menjelaskan mengapa acara itu merupakan pengecualian dari aturan biasanya, di mana dia tidak memasukkan lagu ayahnya ke dalam penampilannya sendiri.

“Saya senang bisa membuktikan diri,” kata Wolfgang kepada Jericho.

“Perbedaan penting yang penting adalah saya tidak melakukan apa yang ayah saya lakukan, saya adalah diri saya sendiri, saya adalah musisi bagi diri saya sendiri… itu sebabnya saya tidak memainkan musik Van Halen atau memiliki rencana untuk memainkan musik Van Halen. musik selama set saya,” tutur Wolfgang Van Halen.

Baca juga: Gitar Frankenstrat Milik Eddie Van Halen Akan Dilelang

Wolfgang Van Halen sebelumnya mendapat sorotan karena dianggap enggan menghormati ayahnya Eddie Van Halen dengan tidak memainkan lagu-lagunya secara live.

Ada pun, gitaris Van Halen, yakni Eddie Van Halen meninggal dunia pada 6 Oktober 2020.

Eddie Van Halen meninggal dunia karena kanker tenggorokan yang telah dideritanya selama lebih dari lima tahun.

Baca juga: Wolfgang Van Halen Tolak Undangan Tampil di Grammy Awards dan Kecewa

Kepergian Eddie menyisakan duka bagi dunia musik. Sosoknya begitu melekat sebagai salah satu guitar hero yang memengaruhi banyak permainan gitaris lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com