Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piyu Padi Larang Ari Lasso Bawakan Lagunya

Kompas.com - 07/09/2023, 21:53 WIB
Andika Aditia

Penulis

KOMPAS.com – Satriyo Yudi Wahono atau Piyu, yang merupakan gitaris Padi Reborn sekaligus pencipta lagu, menyatakan melarang penyanyi Ari Lasso membawakan lagu ciptaannya.

Diketahui, terdapat lagu hit yang dipopulerkan Ari Lasso merupakan ciptaan Piyu Padi, di antaranya “Penjaga Hati” dan “Jalanku Tak Panjang.”

Kedua lagu tersebut ada di dalam album yang pernah dirilis Ari Lasso.

Baca juga: Larang Ari Lasso Bawakan Lagunya, Piyu Padi: Kalau Tak Memberikan Manfaat Ekonomi Buat Apa

Lagu “Penjaga Hati” ada di album solo perdana Ari Lasso bertajuk Sendiri Dulu yang dirilis tahun 2001, sedangkan lagu “Jalanku Tak Panjang” ada di dalam album kedua Ari Lasso bertajuk Keseimbangan yang dirilis tahun 2003.

Piyu melarang Ari Lasso membawakan lagunya bukan tanpa sebab. Piyu merasa sudah tak merasakan lagi manfaat ekonomi atas lagu ciptaannya itu secara signifikan.

“Waktu aku bilang Ari Lasso enggak boleh bawain lagu aku,” ucap Piyu Padi, dikutip dari kanal YouTube Ahmad Dhani Dalam Berita, Kamis (7/9/2023).

Baca juga: Momen Paling Diingat Piyu Padi Reborn Saat Ibunya Masih Hidup

Piyu mengaku telah menyatakan pelarangan itu secara langsung ke Ari Lasso.

Sejauh ini, Piyu merasa tak ada persoalan dari Ari Lasso yang telah memopulerkan lagu tersebut.

Piyu juga menjelaskan alasan rasional kenapa dirinya melarang Ari Lasso membawakan lagunya.

Baca juga: Piyu Padi Reborn: Lagu Mahadewi Itu Sebenarnya untuk Ibu Saya

“Aku tuh simpel ya, ngomongnya cuma gini, ‘So, kamu enggak usah bawain lagu ‘Penjaga Hati’ lagi ya, kenapa? Karena sudah enggak ada manfaat ekonominya buat aku’, karena dari awal sampai sekarang,” ucap Piyu.

Belakangan, persoalan royalti memang menjadi sorotan sejumlah seniman, termasuk musisi, pencipta lagu, komposer, dan lainnya.

Persoalan ini tak lepas dari sistem dan regulasi berkait royalti yang dianggap masih jauh dari kata baik.

Baca juga: Cerita Ahmad Dhani Minta Semua Penonton Pulang karena Ari Lasso Tak Kunjung Datang Saat Konser Dewa 19

Tak sedikit pula aturan dan mekanisme seputar royalti membuat beberapa pencipta lagu melarang lagunya dibawakan penyanyi lain karena merasa tak mendapatkan manfaat ekonomi dari kekayaan intelektual yang ia hasilkan tersebut.

Regulasi yang sudah ada yakni UU No. 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 56 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu dan/atau Musik dianggap masih jauh dari solusi untuk menjawab persoalan yang ada.

Baca juga: Penggemar Dewa 19 Terbagi Era Ari Lasso dan Once, Ahmad Dhani: Aku Enggak Peduli, yang Penting Pas Manggung Nonton

Bahkan, beberapa musisi yang menciptakan lagunya untuk dinyanyikan penyanyi atau band merasakan nilai ekonomi yang ia terima amat kecil, hanya berkisar ratusan ribu rupiah.

Hal ini membuat beberapa pencipta lagu melarang lagunya dibawakan karena merasa tak mendapatkan manfaat ekonomi yang baik, berbeda dari penampil yang membawakan lagunya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com