Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondisi Terkini Celine Dion Setelah Berjuang Melawan Stiff-person Syndrome

Kompas.com - 04/09/2023, 16:22 WIB
Andika Aditia

Penulis

KOMPAS.com - Adik Celine Dion membagikan kabar terbaru mengenai kesehatan penyanyi tersebut saat dia berjuang melawan Stiff-person Syndrome.

Tahun lalu, ikon penyanyi Kanada ini mengungkapkan, dia didiagnosis menderita penyakit neurologis yang disebut Stiff-person Syndrome atau sindrom orang kaku, suatu kondisi neurologis autoimun yang sangat langka yang mempengaruhi satu dari sejuta orang.

Baca juga: Kondisi Terbaru Celine Dion yang Sedang Melawan Penyakit Stiff Person Syndrome

Sayangnya, hal ini juga membuat Celine Dion turut membatalkan jadwal tur konsernya pada tahun 2024 karena masalah kesehatan tersebut.

Claudette Dion, adik Celine Dion ini buka-bukaan soal kondisi Celine dalam wawancaranya dengan Hello! Kanada.

Claudette memuji penyanyi itu sebagai “wanita kuat”, menjelaskan bahwa dia melakukan segala yang dia bisa untuk menjadi lebih baik.

Baca juga: Celine Dion Batalkan Semua Jadwal Konser sampai Tahun 2024

“Ini adalah penyakit yang hanya sedikit kita ketahui,” ucap Claudette.

“Ada kejang – tidak mungkin dikendalikan. Tahukah Anda siapa orang yang sering terbangun di malam hari karena kram pada kaki atau betis? Agak seperti itu tetapi di semua otot. Tidak banyak yang bisa kami lakukan untuk mendukungnya, untuk meringankan rasa sakitnya,” kata Claudette soal gejala yang dialami Celine Dion.

“Dia melakukan segalanya untuk pulih. Dia wanita yang kuat,” imbuh Claudette.

Baca juga: Celine Dion Bikin Lima Lagu Baru Usai Alami Penyakit Saraf Langka

Claudette, yang juga seorang penyanyi, menambahkan bahwa baik keluarga maupun teman-temannya berharap para peneliti dapat menemukan obat untuk penyakit langka ini.

Pada bulan Desember lalu, Celine Dion memposting video ke Instagram-nya yang menjelaskan bagaimana penyakit tersebut memengaruhi hidupnya.

“Kejang ini mempengaruhi setiap aspek kehidupan saya, terkadang menyebabkan kesulitan saat berjalan dan tidak memungkinkan saya menggunakan pita suara untuk bernyanyi seperti biasanya,” tutur Celine Dion sambil menangis.

Baca juga: Celine Dion Idap Penyakitnya Langka, Stiff Person Syndrome

Sementara, pada awal bulan ini, Shania Twain memberikan penghormatan kepada Celine Dion di tengah masalah kesehatannya baru-baru ini, dengan harapan Dion akan bernyanyi lagi menggemakan suaranya.

Saat berbicara kepada Billboard, Shania Twain membagikan pesan yang menyentuh hati, mendoakan teman dan sesama penyanyinya itu baik-baik saja.

“Saya berharap bisa terhubung dengannya suatu saat nanti,” kata Twain kepada Billboard.

“Saya sangat menyukai suara Celine. Dia adalah vokalis dan entertainer yang unik dan luar biasa.” imbuh Shania Twain.

Ada pun, Stiff person syndrome adalah penyakit langka yang membuat otot kaku dan kejang. Gangguan autoimun disinyalir menjadi penyebab utama kondisi ini

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com