Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Dian Sastrowardoyo Ajarkan Anak agar Tak Takut Berbuat Salah

Kompas.com - 22/08/2023, 15:36 WIB
Vincentius Mario,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktris Dian Sastrowardoyo punya cara tersendiri mengajarkan anaknya, Ishana Ariandra Nariratana Sutowo, untuk tak minder saat berbuat salah.

Dalam pelajaran matematika, misalnya, Dian Sastro sadar bahwa Ishana kerap tak percaya diri apabila salah dalam mengerjakan soal.

"Aku punya dua anak. Yang laki-laki itu matematika-nya bagus. Sedangkan, kalau yang perempuan itu minder, selalu merasa dia enggak bisa matematika," kata Dian Sastrowardoyo ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (22/8/2023).

Baca juga: Hobi Ubah Dekorasi Rumah, Dian Sastro Dilarang Utak-atik Kamar Anak

"Untuk belajar itu harus punya ruang buat kesalahan, dan mencoba lagi. Itu yang aku lihat dari anak-anak aku sendiri," lanjutnya.

Istri dari Indra Sutowo itu menambahkan, ada beberapa metode yang biasa dia gunakan agar anak percaya diri dalam belajar.

"Pengalaman saya sebagai ibu, kalau anak perempuan enggak percaya diri buat kesalahan, yang penting buat supaya enggak ada beban dulu saat salah. Yang penting coba dulu, anak perempuan perlu deh, mengurangi overthinking," ujar Dian.

Baca juga: Suka Beli Furnitur Mewah, Dian Sastro: Mahal, tetapi Enggak Akan Aku Buang

"Aku bikin games, 'bikin salah yuk'. Game harus salah semua, bikin mainan di rumah, dari situ mindset bisa diubah," lanjutnya.

Aktris berusia 41 tahun itu menyebut bahwa Ishana memang tidak pandai matematika, tetapi tertarik jadi penulis.

"Dia suka banget nulis cerita. Dia akhirnya bikin cerita, dan bergabung dengan komunitas menulis di sekolah. Aku jadi tahu ternyata dia suka jadi penulis," tutur Dian Sastrowardoyo.

Baca juga: Adinia Wirasti Menikah, Dian Sastro Jadi Bridesmaid

Istri dari Indra Sutowo itu mengatakan, salah satu cara mengenali potensi diri adalah dengan menggali sesuatu yang personal.

"Aku rasa, caranya bermimpi, menemukan potensi unik, mereka perlu dari sesuatu yang mereka sangat suka dan personal," tutu Dian.

Sebagai informasi, Dian Sastrowardoyo dan Indra Sutowo menikah pada 18 Mei 2010.

Kedunya dikaruniai dua anak, yaitu Shailendra Naryama Sastraguna Sutowo dan Ishana Ariandra Nariratana Sutowo.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com