Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisruh Hak Cipta Lagu “Cinderella”, Ian Kasela: Kapan Gue Bilang Itu Lagu Ciptaan Gue?

Kompas.com - 22/08/2023, 13:49 WIB
Andika Aditia

Penulis


KOMPAS.com – Vokalis band Radja, Ian Kasela, buka suara ihwal kisruh hak cipta lagu “Cinderella” yang dipopulerkan band Radja.

Menurut Ian Kasela, band Radja dituding telah menggunakan lagu “Cinderella” tanpa izin kepada penciptanya, yakni Rival Achmad Labbaika atau Ipay.

Lalu, band Radja juga dituding berkait atribut pencipta lagu “Cinderella” yang tak pernah dicantumkan.

Baca juga: Ian Kasela Jelaskan soal Lagu Cinderella dan Tanggapi Somasi Rp 20 Miliar

Menanggapi hal tersebut, Ian Kasela menyatakan dirinya tak pernah mengklaim lagu “Cinderella” adalah ciptaannya atau band Radja.

“Dari awal coba cari pernah enggak gue berstatemen bahwa Cinderella itu ciptaan gue?” ucap Ian Kasela seperti dikutip dari kanal YouTube Seleb Oncam News, Selasa (22/8/2023).

Menurut Ian Kasela, dari awal Radja merilis lagu “Cinderella” sudah jelas siapa pencipta lagu tersebut.

Baca juga: Penjelasan Ian Kasela soal Lagu Cinderella dan Hubungannya dengan Ipay

Berkait ada nama Ian Kasela yang juga tercantum sebagai salah satu nama pencipta lagu “Cinderella”, hal itu adalah kesepakatan bersama.

“Jadi gue udah bilang penciptanya itu saat lagu Cinderella rilis itu di situ sudah tertera siapa penciptanya, ada nama penciptanya dan hanya garis miring nama gue, ada saksinya siapa? Gitaris Radja yaitu Moldy, itu disepakati bersama,” ucap Ian Kasela.

Oleh karena itu, Ian Kasela merasa dirinya sangat naif jika sampai menggunakan lagu milik orang lain secara semena-mena dan mengklaim sebagai milik sendiri.

Baca juga: Ian Kasela Klaim Sudah Kantongi Kesepakatan dengan Ipay soal Lagu Cinderella

“Rasanya terlalu bodoh kalau gue pakai lagu orang lain tanpa izin gue nyanyikan gue publish, gue tulis lagi nama itu, coba logikanya. Lagi pula di album, CD Radja saat itu sudah jelas tertera. Gue juga malu kok ngakuin yang bukan ciptaan gue,” kata Ian Kasela.

Ian Kasela sendiri mengklaim telah melaporkan pihak-pihak yang membuat persoalan hak cipta lagu “Cinderella” menjadi bias dan melebar.

Salah satunya, pelaporan podcast Dunia Manji oleh Radja berawal dari Anji yang mengundang Rival Achmad Labbaika atau Ipay sebagai tamu dalam kontennya.

Baca juga: Pencipta Lagu Cinderella Larang Lagunya Dinyanyikan Sebelum Permasalahan dengan Ian Kasela Selesai

Diketahui, band Radja yang digawangi Ian Kasela, Moldy dan kawan-kawan melaporkan podcast Dunia Manji ke polisi karena kontennya dianggap mencemarkan nama baik Radja.

Sebelumnya, pihak Ipay sendiri telah menuntut ganti rugi Rp 20 miliar ke pihak band Radja ihwal lagu “Cinderella”.

Alasannya karena pihak band Radja menyalahi kelengkapan atribut pencipta lagu “Cinderella” dan tak pernah membayar royalti kepada Ipay selaku pencipta lagu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com