Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pagelaran Sabang Merauke Pahlawan Nusantara Dibuka dengan Dialog Butet Kartaredjasa dan Zie

Kompas.com - 19/08/2023, 07:06 WIB
Ady Prawira Riandi,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pagelaran Sabang Merauke Pahlawan Nusantara dibuka dengan dialog dari Butet Kartaredjasa dan Zie.

Butet Kartaredjasa berperan sebagai seorang kakek yang sedang mengajarkan arti pahlawan kepada cucunya Zie, yang merupakan perwakilan generasi Z.

Cerita Butet tentang sejarah dan tokoh-tokoh pahlawan ini lalu diselingi dengan 31 lagu nasional dan daerah.

Dalam beberapa dialognya, Butet Kartaredjasa menekankan bahwa predikat pahlawan tak hanya disematkan pada mereka yang berperan mengusir penjajah.

Baca juga: Cantika Abigail Bocorkan Penampilannya di Pagelaran Sabang Merauke 2023

"Setiap profesi bisa menjadi pahlawan juga, tidak hanya mereka yang mengangkat senjata," kata Butet Kartaredjasa.

Sutradara Pagelaran Sabang Merauke Pahlawan Nusantara, Rusmedie Agus, menjelaskan bahwa dialog antara kakek dan cucunya itu mencerminkan dua generasi dengan cara pandang berbeda terhadap semangat kebangsaan.

"Pagelaran Sabang Merauke kali ini akan terasa lebih spesial dan membawa kita untuk mengenal lebih jauh mengenai jasa para pahlawan terdahulu," kata Rusmedie.

Sepanjang 2,5 jam pementasan, Butet dan Zie merajut cerita dari Pagelaran Sabang Merauke Pahlawan Nusantara dengan penjelasan-penjelasan menarik soal sosok pahlawan yang diangkat ke dalam ceritanya.

Baca juga: Isyana Sarasvati Dipastikan Tampil di Pagelaran Sabang Merauke 2023

Pagelaran Sabang Merauke edisi keempat ini diselenggarakan dengan lebih megah dan melibatkan lebih dari 300 seniman lintas generasi.

Adapun para penyanyi yang dilibatkan dalam pementasan kali ini adalah Isyana Sarasvati, Cantika Abigail, Swain Mahisa, Alsant Nababan, Taufan Purbo, Mirabeth Sonia, Christine Tambunan, Nino Prabowo, Yuyun Arfah, Gabriel Harvianto, juga penampilan istimewa dari ventriloquist Kak Tony.

Acara yang digagas oleh iForte dan BCA ini juga menampilkan para musisi ternama seperti Dian HP, Avip Priatna, Dunung Basuki, Ammir Gita, dan Meidy Ratnasari yang berkolaborasi menghadirkan aransemen 31 lagu daerah dan nasional.

Baca juga: Digelar Lagi, Pagelaran Sabang Merauke Usung Tema Pahlawan Nusantara

Kemegahan alunan musik akan tersaji indah dengan harmoni orkestra serta choir dari Jakarta Concert Orchestra dan Batavia Madrigal Singers.

Pagelaran Sabang Merauke Pahlawan Nusantara akan diselenggarakan pada 19 dan 20 Agustus 2023 di JIExpo Theatre, Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com