Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lisensi Miss Universe Indonesia Dicabut, Bagaimana Nasib Pemenangnya?

Kompas.com - 14/08/2023, 12:35 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Dicabutnya lisensi Miss Universe Indonesia (MUID) oleh organisasi Miss Universe Global membuat bertanya-tanya tentang kelanjutan nasib pemenangnya, Fabienne Nicole Groeneveld.

Organisasi Miss Universe Global yang berlokasi di New York dalam pernyataan resminya mengatakan bahwa mereka akan mengatur pemegang gelar MUID, yaitu Fabienne untuk tetap bisa ikut di ajang Miss Universe 2023.

"Kami akan mengatur agar pemegang gelar (Miss Universe) Indonesia 2023 dapat berkompetisi di kontes Miss Universe tahun ini," tulis Organisasi Miss Universe dikutip Kompas.com dari akun @MissUniverse.

Berbeda dengan di Indonesia, lisensi dan penyelenggaraan Miss Universe Malaysia 2023 yang lisensinya juga dipegang oleh perusahaan Poppy, harus dibatalkan.

Baca juga: Kronologi Dicabutnya Lisensi Miss Universe Indonesia, Buntut dari Laporan Dugaan Pelecehan Seksual

"PT Capella Swastika Karya juga tidak akan memegang lisensi Miss Universe Malaysia 2023 dan tidak akan diperpanjang kontrak tambahan dari organisasi kami. Kami akan membatalkan Miss Universe Malaysia 2023," tulis mereka.

Fabienne menjadi pemenang pertama untuk Miss Universe Indonesia 2023 sejak lisensinya dipegang oleh perusahaan milik Poppy.

Seperti diketahui, lisensi Miss Universe Indonesia selama 30 tahun ini dipegang oleh Yayasan Puteri Indonesia.

Namun untuk tahun ini, lisensi itu dipegang oleh PT Capella Swastika Karya yang merupakan milik Poppy Capella.

Baca juga: Sosok Fabienne Nicole, Miss Universe Indonesia 2023, Ternyata Putri Seorang Direktur

Sejak terpilih, sosok Fabienne terus menjadi sorotan publik. Mulai dari tinggi badannya yang dianggap tak sesuai peraturan, yaitu kurang dari 168 cm.

Bahkan hal itu membuat aturan tentang tinggi badan dihapus hanya beberapa hari sejak Fabienne diumumkan sebagai pemenang.

"Tidak adil untuk mendiskualifikasikan para pemenang berdasarkan kriteria yang dapat dianggap tidak penting," tulis Poppy dalam salah satu unggahannya.

"Saya telah memutuskan untuk menghapus persyaratan tinggi badan minimum," imbuhnya.

Pengumuman itu diunggah pada 7 Agustus 2023, sementara pengumuman pemenang Miss Universe Indonesia 2023 digelar pada 3 Agustus 2023.

Sebelumnya diberitakan, sejumlah finalis Miss Universe Indonesia, melaporkan beberapa orang penyelenggara Miss Universe Indonesia yang diduga melakukan pelecehan seksual ke Polda Metro Jaya pada Senin (7/8/2023).

Laporan itu diterima pihak kepolisian Polda Metro Jaya dengan nomor register STTLP/B/4598/VIII/2023/SPKT/Polda Metro Jaya. Kuasa hukum PKN, Mellisa Anggraini, mengatakan, dugaan pelecehan seksual itu terjadi menjelang malam grand final tepatnya pada 1 Agustus 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com