Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerispatih Tolak Larangan Badai soal Bawakan Lagu-lagunya

Kompas.com - 13/08/2023, 11:59 WIB
Ady Prawira Riandi,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Grup band Kerispatih akhirnya buka suara terkait polemik lagu-lagu yang dilarang oleh mantan personelnya, Badai.

Dalam surat klarifikasi yang diunggah di akun Instagram-nya, Kerispatih menolak larangan yang disampaikan oleh Badai dalam Surat Pertanyaan sebelumnya.

"Surat klarifikasi terbuka ini kami buat berkaitan dengan beredarnya berita Surat Pernyataan yang diunggah oleh mantan personil band kami yaitu Sdr. Doadibadai melalui laman media sosial Instagramnya dengan akun badaithepianoman pada tanggal 6 Juli 2023," kata Kerispatih dikutip Kompas.com, Minggu (13/8/2023).

Baca juga: Badai Resmi Larang Kerispatih Bawakan Lagu-lagu Ciptaannya

Kerispatih merasa mereka masih boleh menyanyikan lagu-lagu ciptaan Badai ketika masih bergabung di band itu sesuai dengan aturan Undang-undang yang ada.

Mereka hanya perlu membayar royalti yang sesuai kepada Lembaga Manajemen Kolektif (LMK) ketika membawakan lagu-lagu Badai di acara off air atau pun on air.

"Sehingga dapat disimpulkan, tidak ada hak mutlak bagi si pencipta untuk dapat melakukan pelarangan kepada setiap orang yang menggunakan suatu karya cipta sepanjang pengguna karya tunduk melakukan pembayaran imbal kewajiban hukumnya dengan kepada Pihak Lembaga Manajemen Kolektif," tulis akun Kerispatih.

Baca juga: Badai Eks Kerispatih Gandeng Ardesy di Lagu Manusia Tanpa Rasa

Surat pernyataan dari Kerispatih ini ditandatangani oleh kuasa hukum Kerispatih, Rolland Elyas Potu, Alizah Widyastuty, dan Martinus Tanga Lero.

"Demikian untuk menjadi perhatian bersama, sebelumnya Kami ucapkan Terima Kasih. Hormat kami: Arief Nurdiansyah Morada (Guitarist), RM. Antonius Suryosularjo (drummer), dan Fandy Santoso (Vocalist)," tulis keterangan unggahan tersebut.

Diberitakan sebelumnya, Badai Eks Kerispatih menyampaikan pesan terbuka soal karya ciptanya yang kerap dibawakan oleh Sammy Simorangkir dan Kerispatih.

Pemilik nama asli Doadibadai Hollo tersebut tidak mengizinkan karya ciptaannya dibawakan di atas panggung dalam bentuk reuni atau kolaborasi oleh Kerispatih dan Sammy Simorangkir.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by TAK LEKANG OLEH WAKTU (@kerispatih_)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com