Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yovie Widianto Sering Berdebat Masalah Komposisi Lagu dengan Arsy Widianto

Kompas.com - 11/08/2023, 16:41 WIB
Sania Mashabi,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kompposer Yovie Widianto mengaku sering berbagi pendapat dalam proses pembuatan musik dan lagu dengan anaknya yakni Arsy Widianto.

"Arsy secara komposisi sering sekali berdebat sama saya," kata Yovie di Hotel Monopoli, Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (9/8/2023).

Baca juga: Yovie Widianto Akan Gelar Show Case untuk Ziva Magnolya dan Band KIM

Salah satu perdebatan, kata Yovie, pernah terjadi dalam proses pembuatan musik lagu buatan Arsy untuk penyanyi Tiara Andini.

Menurut Yovie, dalam proses pembuatan musik itu ia berdebat cukup lama dengan Arsy mengenai format chord yang cocok untuk lagu tersebut.

"Kami memang ayah sama anak mungkin, tapi dalam proses bermusik saya enggak bisa ngelihat itu jadi saya melihat sisi musikalitasnya seperti apa," ujarnya.

Baca juga: Elma Dae Nyanyikan Lagu Ciptaan Yovie Widianto, Dirilis ke Dalam Tiga Versi Bahasa

Meski sering berdebat dengan Arsy, Yovie juga tetap mendengarkan pendapat dan menerima masukan dari Arsy terkait tren lagu masa kini.

"(Arsy) Banyak membantu saya, akhirnya saya juga bisa mengikuti dalam membuat komposisi musik," ucap dia.

Sebagai informasi, Yovie termasuk pencipta lagu kondang di dunia musik Indonesia produktif di belantika musik Indonesia.

Baca juga: Tampil Bareng Yovie Widianto, Juara MLD Jazz Project Siapkan Penampilan Menarik

Ia bahkan sukses mengorbitkan banyak lagu pop beserta penyanyinya melalui karya-karyanya yang bernuansa cinta dan dinyanyikan seperti Rio Febrian, Audy, Tetty Manurung, Rida Sita Dewi, Rita Effendy Yana Julio, Pinkan Mambo, Delon, dan Astrid.

Kemudian Chrisye, Glenn Fredly, Lingua, Andity, Ihsan, Dirly, Ghea, Bening, Lisa A.Riyanto, Hedi Yunus, Dea Mirella, Rossa, Ressa Herlambang, Revo Marty, Alika, Monita, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Yovie juga dikenal sebagai salah satu personel dan pendiri grup musik Kahitna di posisi keyboard dan piano, selain itu ia juga mendirikan grup musik Yovie and Nuno dan 5 Romeo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com