Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rossa Kecil Mengira Panggung Hanya Tempatnya Partai Berkampanye

Kompas.com - 10/08/2023, 19:12 WIB
Cynthia Lova,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Rossa menceritakan perjalanan kariernya di industri musik sejak kecil. Dahulu saat kecil, ia kerap bernyanyi dari panggung ke panggung.

Meski usianya saat itu masih sangat kecil, Rossa rupanya sudah manggung dengan beberapa penyanyi lokal dewasa di kampung halamannya, Sumedang, Jawa Barat.

“Dulu itu sering banget kan manggung di daerah-daerah dan banyak musisi-musisi daerah yang ikut,” ujar Rossa di acara Suara Indonesia Spotify, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (10/8/2023).

Baca juga: Tak Terekspos, Rossa Akui Pernah Beberapa Kali Jalin Hubungan sejak Cerai dari Yoyo Padi Tahun 2009

“Aku masih kecil, masih SD. Jadi dari SD itu (nyanyi dari) panggung ke panggung tuh kayak aku penyanyi masih kecil, terus sudah gitu pemain bandnya orang dewasa,” lanjut Rossa.

Awalnya, Rossa mengira panggung adalah tempat partai-partai untuk berkampanye. Sampai akhirnya ia mulai manggung, Rossa baru paham bahwa panggung adalah tempat para penyanyi untuk menyalurkan bakat nyanyinya.

“Salah satu yang paling ingat banget adalah zaman dulu pas SD, tiba-tiba aku inget bahwa dulu itu salah satu panggung itu adalah kampanye, jadi kampanye partai,” kata Rossa.

Baca juga: Rossa Ungkap Kronologi Video Viralnya Dituding Cuek pada Betrand Peto Saat Konser di Malaysia

Momen itu pula yang mengasah kemampuan bernyanyi di depan banyak orang. Bahkan, saat kecil, ia lebih sering bernyanyi lagu-lagu rock.

“Tapi mungkin itu yang mengasah dari panggung ke panggung berani untuk tampil di depan banyak orang. Kebayang enggak sih aku enggak punya album, nyanyi juga suka nya lagu rock, lagu-lagunya Nicky Astria. Jadi zamannya itu tuh kayak slow rock. Aku ingat banget,” ucap Rossa.

Rossa mengatakan, salah satu musisi yang pernah satu panggung dengannya saat itu adalah Nike Ardilla, yang kampung halamannya sama dengannya dari daerah Bandung.

Baca juga: Foto Bersama Taeyeon SNSD, Rossa Diminta Warganet untuk Duet Bareng

Dari tampil panggung ke panggung di daerah ini yang membuat akhirnya Rossa bisa menggelar konser tunggal di Indonesia. Bahkan, menggelar konser di Malaysia.

“Zaman-zaman dulu teh Nike di atas aku, biasanya banyak panggung yang barengan terus dari panggung ke panggung,” ujar Rossa.

“Itulah aku sampai akhirnya bisa menggelar konser tunggal, lagu aku bisa didengarin seluruh Indonesia. Jadi buat aku itu perjalanan dan Alhamdulillah buahnya indah,” tutur Rossa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com