Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktor Paundrakarna Ungkap Kehidupan sebagai Pangeran Mangkunegaran Solo

Kompas.com - 07/08/2023, 13:50 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Masih ingat dengan sosok Paundrakarna? Aktor yang meraih popularitas usai membintangi sinetron Gita Cinta dari SMA pada tahun 2004.

Bukan hanya sebagai pekerja seni, Paundra atau GPH Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara, selama ini juga diketahui berstatus sebagai putra sulung dari KGPAA Mangkunegara IX.

Sosoknya kembali mencuri perhatian setelah adik tirinya, GPH Bhre Cakrahutomo diputuskan menjadi penerus KGPAA Mangkunegara IX.

Terlepas dari itu, Paundra mengungkap cerita di balik kehidupannya sebagai pekerja seni dan sebagai seorang pangeran.

Baca juga: Paundra Berikan Baju Batik Karyanya untuk Kado Ulang Tahun Adiknya, Mangkunegara X Bhre Cakrahutomo

"Itu (aktor) salah satu pekerjaan yang enak dan nyaman sekali, aku ngerasa nyaman aja," kata Paundra dikutip dari YouTube Feni Rose Official.

Hanya saja statusnya sebagai pangeran terkadang membuat orang-orang yang mengetahuinya langsung bingung dengan cara untuk menyebutnya.

"Minta izin biasanya, manggilnya apa ya, aduh mohon maaf, segala macam," ujar Paundra.

"(Padahal) udah santai aj, santuy, woles," lanjutnya.

Baca juga: Konser Musikal Guruh Soekarno Putra dan Candra Darusman Ditunda karena Virus Corona

Sementara saat berada di istana, meskipun mematuhi tata krama yang ada, Paundra juga termasuk anak yang sering kena teguran.

"Ditegur, contoh soal kenapa enggak miyos, miyos itu keluar, tampil. Enggak pakai ageman Jawi, pakaian adat," ucapnya.

"Ya lagi mau ya mau, lagi enggak ya enggak mau, gitu aja sih. Udah gitu aku selalu memberikan alasan yang nalar sih," imbuhnya.

Paundra yang kini memiliki gelar Pangeran Sepuh itu juga meluruskan persepsi salah yang menganggap hidup sebagai anak raja pasti terjamin secara materi.

"Makanya aku dalam track record-nya aku kesini jadi ini jadi itu, itu buat mandiri, buat cari duit," kata Paundra.

"Aku enggak ngandelin kesitu (tunjangan dari kerajaan), dari dulu aku memang diajarkannya oleh Bu Mega, Pakde Taufik, ya sudah mandiri," imbuhnya.

Ditambah lagi dalam keluarga juga harus meminta lebih dulu jika membutuhkan uang. Sementara Paundra bukan tipe orang yang seperti itu.

"Kemudian kalau di keluarga tipenya harus minta, kalau enggak minta enggak dikasih, sementara aku bukan tipe kayak gitu," tuturnya sambil tertawa.

Namun setelah bergelar Pangeran Sepuh, Paundra baru mulai mendapatkan beberapa fasilitas.

"Setelah saya jadi Pangeran Sepuh baru aku akan ada permintaan dan yang harus setidaknya dipenuhi, dituruti, ya at least buat biaya hidup, buat keperluan," ujar Paundra.

Selain sebagai aktor dan penyanyi, Paundra yang merupakan putra dari Sukmawati Soekarnoputri itu juga mulai menekuni dunia desain busana dan sudah menghasilkan sejumlah karya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com