Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pinkan Mambo Ungkap Alasan Tidak Langsung Laporkan Suaminya Setelah Sang Anak Mengadu Alami Pelecehan Seksual

Kompas.com - 01/08/2023, 19:03 WIB
Cynthia Lova,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Pinkan Mambo Ratnasari atau Pinkan Mambo mengungkap alasan dirinya tak melaporkan suaminya saat anaknya, MA (17), mengadu mengalami pelecehan seksual dari ayah tirinya.

Pinkan mengaku saat itu ia sedang banyak masalah. Jadi yang dilakukannya saat itu hanya mengusir suaminya setelah anaknya mengaku dilecehkan oleh ayah tirinya tersebut.

Sebagai informasi, ayah kandung MA lah yang melaporkan suami Pinkan Mambo ke Polres Tangerang setelah anaknya mengadu mengalami pelecehan seksual.

Baca juga: Pinkan Mambo Sempat Cecar Suaminya Saat Tahu Anaknya Alami Pelecehan Seksual

"Kan itu sebenarnya kita mau lapor juga atau mungkin lebih tepatnya aku sejak permasalahan itu suamiku abis di-PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) aku langsung usir dari rumah," ujar Pinkan di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (1/8/2023).

"Sejak (suami Pinkan) diusir dari rumah, aku biaya sendiri, aku enggak pernah ngomong sama siapa pun," lanjut Pinkan.

Pingkan mengaku tidak sempat melaporkan suaminya itu ke polisi karena sibuk mengurus anak dan mencari nafkah.

Baca juga: Pinkan Mambo Ungkap Alasan Belum Bercerai meskipun Suami Melecehan Putrinya

"Aku lebih ke enggak sempat mungkin ya (melapor ke polisi) karena susu anak Rp 100.000, pampers berapa-berapa dijumlah. Teman-teman tahu cari uang Rp 10.000 susah banget. Mungkin kalau orang lain gampang. Saat itu susah banget posisinya. Sudah Pinkan lagi syok, anaknya mengalami hal itu lagi syok berat," ucap Pinkan.

"Iya otaknya (Pinkan) juga giganya terbatas gitu. Aku sibuk cari uang buat anakku cari makan kalau aku lapor aku ninggalin rumah enggak bisa karena aku dagang. Belum bayar tagihan uang sekolah, aku juga pernah dikejar debt collector," lanjut Pinkan.

Di tengah banyak permasalahan yang ia alami, konsentrasi Pinkan jadi terpecah hingga tak bisa melaporkan suaminya tersebut.

Baca juga: Klarifikasi Pinkan Mambo Dituduh Tak Bela Anak yang Alami Pelecehan Seksual

Meski demikian, Pinkan mendukung ayah kandung MA yang kala itu melaporkan suaminya tersebut.

Bahkan, kata Pinkan, ia membela anaknya dengan memberi kesaksian saat di pengadilan. Akibatnya, suami Pinkan kini dipenjara dan dijatuhkan hukuman sembilan tahun penjara.

"Waktu papanya MA mau lapor justru aku yang mendukung jadi bagus. Kalau orang jahat kan bisa, 'jangan, jangan (lapor)'. Mana ada aku begitu, aku bela anak ku," ucap Pinkan.

"Ini kan di persidangan BAP atas Pinkan Mambo Ratnasari membela MA makanya dia (suami Pinkan) dipenjara. Mungkin MA terlalu sedih salah paham atau apa (makanya bilang Pinkan enggak bela)," tutur Pinkan.

Baca juga: Suami Dihukum 9 Tahun Penjara atas Kesaksiannya, Pinkan Mambo Bantah Tak Bela Putrinya Saat Alami Pelecehan Seksual

Sebelumnya, MA membeberkan tentang pelecehan seksual yang ia alami dari ayah tirinya saat masih berusia 12 tahun.

"Ya (pelecehan seksual) itu terjadi di 2018 sampai 2021,” kata MA.

MA juga menyebut bentuk pelecehan yang dialaminya kala itu.

“Mungkin sudah bisa dibilang termasuk perkosa, iya, sebesar itu beritanya dan sudah sampai pengadilan juga, sudah dipenjara orangnya,” ucap MA.

MA juga sempat menceritakan pelecehan seksus itu di terkait pelecehan itu di kanal YouTube Nadia Alaydrus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com