Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Respons Nia Ramadhani Saat Penampilan Anak Dikritik Lebih Tua dari Usianya

Kompas.com - 01/08/2023, 10:45 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Memiliki anak yang mulai beranjak remaja, aktris Nia Ramadhani awalnya terkejut melihat perubahan gaya berpakaian dan dandan putrinya, Mikhayla. 

Putrinya yang kini berusia 11 tahun dan sudah akan masuk bangku SMP itu mulai bisa memilih pakaian sesuai dengan gayanya sendiri.

Bukan itu saja, Mikha bahkan mulai belajar memakai riasan wajah.

"Makeup nih, kadang suka ketebelan, aduh apaan sih kok kayak lenong," kata Nia dikutip dari YouTube TS Media.

"Aku juga waktu itu ngerasa 'Kak pakai baju ini kayak tua deh,'" ucapnya.

Baca juga: Sudah Menikah, Nia Ramadhani Ungkap Motivasi Jaga Bentuk Tubuh Tetap Ideal

Walaupun merasa tidak enak dilihat, sebagai ibu Nia juga menyadari, ada siklus di mana anak-anak cenderung ingin terlihat lebih dewasa dari usianya.

Nia mengingat kembali saat dirinya mulai berdandan, padahal jika dilihat lagi sekarang, dia akan menyesali keputusannya waktu itu.

"Aku inget pada saat kita muda, kita pengin kelihatan lebih tua, pada saat kita udah tua, pengin kelihatan lebih muda," ujar Nia.

"Kalau lihat sinetron aku zaman dulu, aduh makeup semuanya dipakai dan ngerasanya waktu itu keren," sambungnya.

Baca juga: Nia Ramadhani Menangis Saat Kasih Paham Anak soal Privilege, Kenapa?

Karena itu, meskipun terkadang dibuat heran dengan pilihan pakaian dan riasan putrinya, Nia mencoba memaklumi. Bagi Nia itu semua proses yang harus dilewati putrinya.

"Walaupun kita lihatnya matanya kayak 'apaan sih, kenapa sih lo semua dipakai,' tapi aku pengin dia ngalamin itu sendiri, biarin aja," ucap Nia.

"Organik kayak begitu, jadi enggak langsung dipatahin,'jangan kayak begitu,'" lanjutnya.

Walaupun memberikan kebebasan pada putrinya dengan pilihan gaya berbusana dan riasan wajah, Nia tetap memiliki aturan-aturan yang harus dipatuhi putrinya.

Hanya saja, mungkin caranya berbeda, mengingat anak zaman sekarang selalu memiliki jawaban sendiri setiap kali dinasihati.

"Misal dia tiba-tiba mau pakai baju kelihatan perut ketempat yang formal, aku bilang enggak bisa, misal dia (jawab) 'this is my style,' enggak bisa," tutur Nia.

"Berarti your style salah. Kalau misalkan ketempat kayak gini kamu harus bisa baca situasi," imbuh Nia mencontohkan pembicaraan antara dirinya dengan Mikha.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com