Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Protes Barbie Dibilang Seksi, Margot Robbie: Dia Boneka Plastik Tak Punya Organ Reproduksi

Kompas.com - 17/07/2023, 19:04 WIB
Andika Aditia

Penulis

Sumber Vogue


KOMPAS.com – Aktris Margot Robbie selaku pemeran utama film Barbie mengatakan, sosok boneka Barbie telah "diseksualisasikan", padahal sosok Barbie seharusnya "tidak boleh seksi".

Aktris asal Australia ini sempat merenungkan tentang apakah perannya sebagai Barbie akan "seksi" atau tidak.

Dalam wawancara dengan Vogue Amerika, Margot Robbie menjelaskan, proses pemikirannya melihat Barbie adalah seonggok boneka anak-anak yang terkenal dan tak semestinya diasumsikan secara seksual.

Baca juga: Margot Robbie Punya Aturan Aneh Saat Syuting Film Barbie

“Saya seperti, oke, dia boneka. Dia boneka plastik. Dia tidak memiliki organ, dia tidak memiliki organ reproduksi,” kata Margot Robbie, dikutip Senin (17/7/2023).

Dengan demikian, Margot Robbie melihat, terlalu jauh apabila penonton berpikir ada hasrat seksual dalam sosok boneka Barbie yang akhirnya diadaptasi ke dalam film.

“Jika dia tidak memiliki organ reproduksi, apakah dia akan merasakan hasrat seksual? Tidak, saya tidak berpikir dia bisa,” kata Margot Robbie.

Baca juga: 5 Rekomendasi Film yang Dibintangi Margot Robbie, Terbaru Ada Barbie!

Wanita berusia 32 tahun ini mengatakan, pakaian yang dikenakan dan identik dengan boneka Barbie selama ini tak sepatutnya diartikan dalam konteks seksual.

Margot Robbie melihat pakaian Barbie lebih kepada konteks feminin.

“Ya, dia bisa memakai rok pendek, tapi karena itu lucu dan pink. Bukan karena dia ingin kamu melihat bokongnya,” tambah aktris yang pernah berperan sebagai Harley Quinn itu.

Baca juga: Serba Pink, Instalasi dan Pop Up Store Barbie di Plaza Indonesia

Sebagai informasi, film Barbie telah tayang di bioskop Indonesia sejak 19 Juli 2023 berbarengan dengan Oppenheimer garapan sutradara Christopher Nolan.

Film Barbie digarap sutradara Greta Gerwig dengan pemerannya seperti Margot Robbie (Barbie), Ryan Gosling (Ken), Simu Liu (Ken), Ncuti Gatwa (Ken), Issa Rae (Presiden Barbie), Michael Cera (Alan), Will Ferrell, Helen Mirren, Dua Lipa (Mermaid Barbie) dan banyak lagi.

Baca juga: Lirik Lagu What Was I Made For? - Billie Eilish (OST. Barbie Movie)

Film Barbie mengisahkan kehidupan para Barbie yang memiliki karakter berbeda-beda. Semua perempuan dipanggil Barbie dan laki-laki dipanggil Ken, tetapi mereka dapat saling mengenal.

Hadirnya film Barbie tentu menjadi hal menarik karena selama ini orang mengenalnya sebagai boneka untuk anak-anak perempuan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com