Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Bikin Film Canggih macam Batman sampai Oppenheimer, Christopher Nolan Tak Punya Email dan Smartphone

Kompas.com - 17/07/2023, 15:46 WIB
Andika Aditia

Penulis


KOMPAS.com - Meskipun telah membuat beberapa film sci-fi paling dihormati dalam beberapa dekade terakhir, Christopher Nolan tidak menggunakan teknologi modern, seperti email atau telepon pintar.

Dalam wawancara dengan Hollywood Reporter, sutradara asal Inggris Christopher Nolan menghindari gangguan yang datang dengan memiliki perangkat canggih.

"Saya pikir teknologi dan apa yang dapat diberikannya luar biasa. Pilihan pribadi saya adalah tentang seberapa terlibatnya saya," kata Nolan, dikutip Senin (17/7/2023).

Baca juga: Christopher Nolan Cast Anaknya Jadi Korban Ledakan Nuklir di Film Oppenheimer

"Ini tentang tingkat gangguan. Jika saya membuat materi dan menulis skrip sendiri, menggunakan smartphone sepanjang hari tidak akan berguna bagi saya," tambah Christopher Nolan.

Dan karena Nolan tidak menggunakan email, dia memiliki metode berbeda untuk mendapatkan salinan skripnya kepada para pemeran filmnya dengan mengirimkannya secara langsung.

"Orang-orang akan berkata, 'Mengapa Anda bekerja secara rahasia?' Yah, ini bukan kerahasiaan, ini privasi," kata Nolan, menjelaskan bahwa tidak mengirimkan skripnya secara elektronik bukanlah tentang mencoba untuk menyembunyikannya.

Baca juga: Christopher Nolan Tolak Buat Film Baru jika Aksi Mogok SAG-AFTRA Belum Selesai

Faktanya, para pemeran film Oppenheimer awalnya menerima salinan karya terbaru Nolan secara langsung dengan menerima bentuk fisik alias cetak.

Diketahui film Oppenheimer merupakan drama sejarah tentang Bapak bom atom yang dibintangi Cillian Murphy sebagai fisikawan teoretis J. Robert Oppenheimer, Emily Blunt sebagai istri dan ahli botani Katherine "Kitty" Oppenheimer, Matt Damon sebagai direktur Proyek Manhattan Leslie Groves dan Robert Downey Jr. sebagai ketua Komisi Energi Atom AS Lewis Strauss.

Setelah mengerjakan lima film Nolan sebelumnya, termasuk Inception dan franchise Batman, Murphy pertama kali menerima "panggilan tiba-tiba" tentang Oppenheimer sebelum sutradara muncul di depan pintunya.

Baca juga: Christopher Nolan Sarankan Penonton Indonesia Menyaksikan Oppenheimer di IMAX

"Dengan gaya klasik Christopher Nolan, dia terbang dari LA untuk memberi saya naskah yang sebenarnya," kenang Murphy kepada ET.

"Anda tidak pernah mendapatkan apa pun melalui email. Dia harus memberi Anda salinan fisiknya," tambah Cillian Murphy.

Tak hanya Cillian Murphy, semua pemain film Oppenheimer, seperti Matt Damon, juga didatangi langsung Christopher Nolan untuk memberikan salinan fisik naskah film Oppenheimer.

Baca juga: Christopher Nolan Ungkap Alasan Tak Gunakan CGI di Film Oppenheimer

Sementara, Robert Downey Jr memilih untuk mendatangi langsung rumah Christopher Nolan, ketimbang didatangi.

"Saya pergi ke rumahnya dan membaca naskahnya," kenang aktor itu, mengungkapkan bahwa setelah membacanya, "Itu luar biasa."

Christropher Nolan dikenal sebagai sutradara yang jelih dalam menggarap banyak film bertema sains dan teknologi.

Baca juga: Matt Damon Pastikan Film Oppenheimer Christopher Nolan Berdurasi 3 Jam

Sebut saja, Interstellar (2014), Inception (2010), Man of Steel (2013), waralaba Batman, dan terbaru Oppenheimer (2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com