Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Film tentang Whistleblower, Seru dan Menegangkan!

Kompas.com - 03/07/2023, 15:05 WIB
A P Sari,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com –  Whistleblowing merupakan aksi pelaporan atau pengungkapan fakta dari sebuah tindak kejahatan. Pihak yang melakukan whistleblowing disebut sebagai whistleblower.

Mengutip Kompas.com, Senin (15/8/2022), whistleblower adalah orang yang membocorkan rahasia atau pengadu. Definisi whistleblower juga dicantumkan dalam Surat Edaran (SE) Mahkamah Agung (SEMA) Nomor 4 Tahun 2011.

Menurut SEMA, whistleblower adalah pihak yang mengetahui dan melaporkan tindak pidana tertentu dan bukan merupakan bagian dari pelaku kejahatan yang dilaporkannya.

Tindak pidana tertentu yang dimaksud, di antaranya, korupsi, terorisme, narkotika, pencucian uang, perdagangan orang, hingga tindak pidana terorganisasi lainnya.

Kisah para whistleblower yang berani dan inspiratif tidak jarang dituangkan dalam sebuah film. Ceritanya pun bervariasi, mulai dari pengungkapan rahasia pemerintah yang kotor hingga kisah investigasi jurnalisme.

Baca juga: Sinopsis The Whistleblower, Usaha Membongkar Konspirasi Jahat Perusahaaan

Mengutip EW, Rabu (27/7/2022), subgenre whistleblowing mulai muncul sejak era Hollywood klasik. Seiring berjalannya waktu, subgenre ini makin digemari oleh para pencinta film.

Penasaran apa saja film-film yang menceritakan kisah whistleblower? Simak ulasannya berikut yang telah dirangkum Kompas.com dari berbagai sumber.

1. Snowden (2016)

 

Snowden merupakan film yang menceritakan kisah salah satu whistleblower populer dunia, Edward Snowden. Film ini disutradarai oleh Oliver Stone dan dibintangi oleh Joseph Gordon-Levitt, Shailene Woodley, Melissa Leo, dan Rhys Ifans.

Kisahnya menyoroti perjuangan hidup Edward Joseph Snowden (Joseph Gordon-Levitt), seorang ahli komputer cerdas yang tidak lulus SMA. Meski demikian, Snowden memiliki keinginan besar untuk mengabdi pada negara.

Ia pun mengikuti rangkaian tes untuk bergabung dengan Central Intelligence Agency (CIA) Amerika Serikat (AS). Karena sosoknya yang cerdas, Snowden berhasil lulus tes hacking dengan cepat.

Baca juga: 3.287 Pengaduan Masuk di Sistem Whistleblower Kemenkeu, 550 Pegawai Kena Hukuman Disiplin

Setelah resmi menjadi anggota CIA, Snowden dikirim ke Swiss. Di sana, ia menyadari bahwa pemerintah AS telah membuat sistem yang mengoleksi data-data pribadi banyak orang.

Sistem itu sangat berbahaya karena bertujuan untuk memata-matai orang dan melanggar etika privasi masyarakat.

Snowden pun dirundung dilema yang hebat. Ia merasa bahwa pemerintah AS telah lalai melindungi hak-hak pribadi masyarakat dengan menciptakan sistem tersebut.

Dia kemudian memutuskan untuk keluar dari CIA dan membocorkan rahasia gelap pemerintah lewat media massa. Berita ini sontak menjadi buah bibir yang hangat di tengah masyarakat dunia.

Akibat dari hal tersebut, Snowden terpaksa kabur dari AS untuk mencari suaka di negara lain. Ia masih menjadi buronan pemerintah AS hingga saat ini.

Baca juga: Polri Diminta Perkuat Budaya Whistleblower Berkaca dari Vonis Richard Eliezer

2. Official Secrets (2019)


Official Secrets merupakan film besutan sutradara Gavin Hood. Ceritanya diadaptasi dari kisah nyata whistleblower asal Inggris bernama Katharine Gun.

Gun merupakan penerjemah sekaligus analis bahasa Mandarin yang bekerja untuk Government Communication Headquarters (GCHQ) Britania Raya.

Suatu hari saat bekerja, Katharine Gun (Keira Knightley) mendapatkan sebuah surel yang berisi memo rahasia. Memo ini menjelaskan bahwa AS dan Britania Raya tengah merencanakan misi penyadapan enam anggota Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com