Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

James Cameron Sudah Curiga dengan Teknologi Kapal Selam Wisata Titanic yang Meledak

Kompas.com - 24/06/2023, 08:15 WIB
Ady Prawira Riandi,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

Sumber BBC

KOMPAS.com - Sutradara film Titanic, James Cameron, memberikan pandangannya terhadap tragedi hilangnya kapal selam wisata Titanic.

Sejak awal dibangun, James Cameron, merasa curiga dengan penerapan teknologi yang digunakan oleh OceanGate Expedition Titan yang menawarkan wisata melihat bangkai kapal Titanic.

"Saya sangat curiga dengan teknologi yang mereka gunakan. Saya tidak akan mau naik ke kapal selam itu," kata James Cameron dilansir BBC, Sabtu (24/6/2023).

Baca juga: James Cameron Sebut Insiden OceanGate Mirip Tenggelamnya Titanic

Salah satu alasan James Cameron ragu adalah karena bahan pembuatan Titan.

Titan dibangun dari bahan serat karbon dan titanium.

Pada 2012, Cameron menggunakan teknologi berbeda untuk ekspedisi kapal selam Deepsea Challenger yang membawanya ke kedalaman 10.912 m (25.800 kaki), palung samudra terdalam yang diketahui.

Bangkai kapal Titanic sendiri diketahui berada di kedalaman 3.810 m (12.500 kaki).

Baca juga: Sutradara Film Titanic, James Cameron, Buka Suara soal Kapal Selam Wisata Titan yang Meledak

Cameron mengatakan, saat kapal selam wisata Titan kehilangan navigasi dan komunikasi, ia langsung menduga akan terjadi sebuah bencana.

"Saya merasakan apa yang telah terjadi. Elektronik di kapal selam itu, sistem komunikasinya, dan transponder pelacaknya rusak secara bersamaan. Kapal selam itu akhirnya hilang," ujar Cameron.

Saat pertama kali mendengar kabar kapal selam wisata Titan menghilang, James Cameron langsung menelepon beberapa kenalannya di komunitas kapal selam.

Baca juga: James Cameron Rajai Box Office dengan Titanic dan Avatar: The Way of Water

"Dalam waktu sekitar satu jam, saya mendapatkan fakta-fakta berikut. Mereka sedang turun. Mereka berada di kedalaman 3.500 meter (11.483 kaki), menuju ke dasar laut di kedalaman 3.800 meter," kata sutradara Avatar tersebut.

"Komunikasi mereka terputus, navigasi terputus, dan saya langsung berkata, Anda tidak bisa kehilangan komunikasi dan navigasi secara bersamaan tanpa bencana yang ekstrem. Dan hal pertama yang terlintas di pikiran saya adalah sebuah ledakan," ujarnya.

Pada Kamis, 23 Juni 2023, pihak Angkatan Laut Amerika Serikat mengatakan telah mendeteksi adanya sebuah ledakan tak lama setelah Titan kehilangan kontak di radar komunikasi.

Sehari setelahnya, kapal selam wisata Titan ditemukan dalam keadaan hancur berkeping-keping akibat ledakan dahsyat dan menewaskan semua penumpangnya seperti perkiraan James Cameron.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com