Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perankan Ibu Minang di Film Onde Mande!, Jajang C Noer: Ini Peran Tersusah

Kompas.com - 13/06/2023, 18:28 WIB
Cynthia Lova,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktris senior Jajang C Noer didapuk memerankan Ni Ta di film garapan sutradara Paul Agusta, Onde Mande!.

Ni Ta adalah seorang ibu yang memiliki warung atau lapau di Desa Sigiran, Sumatra Barat. Ni Ta adalah ibu dari Si Mar, yang diperankan Shenina Cinnamon.

Memerankan karakter seorang ibu asli Desa Sigiran, Jajang merasa sangat kesulitan untuk berbahasa Minang.

“Saya setengah mati mengantarkan dialog itu. Saya kan dari Jakarta, memang dari bayi saya tahu bahasa Minang dari bapak mamak saya tapi kan enggak dipraktikkan,” ujar Jajang di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (13/6/2023).

Baca juga: Tips Jajang C. Noer Tetap Produktif di Masa Tua

Karena tak bisa bahasa Minang, perempuan berusia 70 tahun ini pun menghafalkan skenarionya kata per kata.

“Jadi begitu dapat skenario waduh kayaknya enggak benar akhirnya terpaksa saya menghafalkannya. Sama saya seperti menghafalkan bahasa Perancis, jadi kata per kata (dihafalkan),” kata Jajang.

Bagi Jajang, Ni Ta adalah peran tersulit sepanjang kariernya di dunia akting.

“Saya rasa film ini susah. Ini peran yang paling susah sepanjang karier saya. Saya ngafalin, saya bisa sampai 15 kali baca ulang-ulang,” lanjut Jajang.

Baca juga: Film Onde Mande! Rilis Poster dan Trailer, Shenina Cinnamon dan Emir Mahira Beradu Peran

Meski demikian, ia senang bisa terlibat dalam film Onde Mande! karena mengangkat banyak hal tentang budaya Minang.

“Kenapa saya mau (ambil tawaran film ini) karena saya kenal Paul dari usia dia empat tahun. Jadi pas dia ajak saya dua tahun lalu saya langsung oke, dia orang Padang, saya orang Padang,” ucap Jajang.

“Alhamdulillah saya senang main di film ini semoga yang nonton senang. Ini filmnya Minang banget. Selama ini film Mingkabau sangat jarang ini. Ini film Minangkabau yang sehari-hari bukan yang sejarah. Jadi ini semoga sangat bermanfaat,” tutur Jajang.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Film Onde Mande, Serba Minang!

Onde Mande! menceritakan kisah warga desa yang berencana mengklaim hadiah sayembara sebesar Rp 2 miliar, yang diselenggarakan oleh perusahaan sabun.

Hadiah sayembara dimenangkan oleh Angku Wan, seorang pensiunan guru sekaligus tetua desa.

Namun sebelum mengklaim hadiah besarnya, Angku Wan meninggal. Kepergian Angku Wan pun menimbulkan kepanikan warga Desa Sigiran.

Demi bisa mendapatkan uang Rp 2 miliar itu, warga desa mencoba untuk menyiasati perusahaan sabun dengan menyusun rencana yang penuh pro dan kontra.

Baca juga: 3 Fakta Menarik Film Onde Mande!, Angkat Budaya Minangkabau dan Masuk Festival di Italia

Bukan karena keserakahan, hadiah tersebut akan digunakan untuk tujuan yang mulia, yaitu membangun desa demi kesejahteraan bersama.

Film Onde Mande! ini bakal tayang di bioskop pada Kamis (22/6/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com