Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terungkap Alasan Inge Serahkan Hak Asuh Anak, Sebut Ari Wibowo Minta Tanggung Semua Kebutuhan

Kompas.com - 08/06/2023, 14:29 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Memilih untuk menyerahkan hak asuh anak pada Ari Wibowo, Inge Anugrah ungkap alasan awal keputusan tersebut diambil.

Sejak awal sepakat bercerai, Inge mengatakan satu-satunya yang dia minta saat itu pada Ari Wibowo adalah hak asuh anak.

"Aku bilang pertama-tama sama Ari, 'anak-anak hak asuh di aku ya,'" kata Inge dikutip dari YouTube dokter Richard Lee.

"Terus dia bilang 'enggak bisa, kalau hak asuh di kamu, berarti kamu harus biayain semua, makan, sekolah, insurance,'" lanjutnya.

Baca juga: Suara Bergetar Ungkap Alasan Tak Mau Umbar Keburukan Ari Wibowo, Inge: Nanti Anak-anakku Makan Apa?

Sebagai ibu rumah tangga yang selama ini tak bekerja, Inge merasa tak sanggup untuk mencukupi kebutuhan dua putranya seorang diri tanpa bantuan Ari Wibowo.

"Aku yang emang enggak ngerti hukum juga, jadi karena Ari bilang kayak gitu 'waduh,'" ujar Inge.

"Aku tahu udah enggak mungkin aku survive untuk biayain anak-anak yang biaya sekolahnya per bulan Rp 5-6 juta, belum makan, belum les-les segala macem," lanjut Inge.

Dengan semua bayangan kebutuhan dua anaknya yang tak sedikit ditambah dia juga tak memiliki tempat tinggal, membuat Inge berusaha berpikir rasional.

Baca juga: Kini Digugat Cerai Ari Wibowo, Inge Anugrah: Ternyata Penting Banget Cewek Kerja, Punya Uang Sendiri

Inge akhirnya memilih untuk menyerahkan hak asuh pada Ari Wibowo.

Dengan satu syarat bahwa dia bisa bebas ke rumah untuk memasak makanan bagi kedua anaknya, serta tak dibatasi untuk bertemu.

"Aku enggak mau anak-anak luntang lantung dengan aku tarik, karena aku tahu anak-anak juga looking forward tinggal di rumah yang lagi di renov," ujar Inge.

"Ya udah enggak apa-apa anak-anak lebih baik di sana sama dia. Tapi aku enggak mau dibatas-batasin untuk ketemu anytime I want," imbuh Inge.

Awalnya semua baik-baik saja, begitu juga dengan pengacara Ari Wibowo yang mengatakan bahwa keinginan Inge itu akan dituangkan dalam surat keputusan cerai.

Tapi semua berubah ketika mendadak pengacara Inge yang awalnya ditunjuk bersama Ari untuk membuat perceraian mereka tak jadi isu besar, mengundurkan diri.

Bukan hanya soal hak asuh anak yang kemudian diatur bahwa Inge hanya bisa bertemu atas seizin Ari, tapi juga status Inge yang awalnya menggugat menjadi tergugat.

"Aku baca (salinan surat) kok aku tergugat, lalu karena si penggugat sangat dekat dengan anak-anak, maka harus ikut dia, aku boleh ketemu tapi harus ada izinnya dari dia," tutur Inge.

"Itu kan sama sekali bukan yang aku minta, bukan yang kita bicarakan. Panik tuh," imbuhnya.

Sebelumnya, Ari Wibowo mendaftarkan gugatan cerai terhadap istrinya, Inge Anugrah, ke PN Jakarta Selatan pada 3 April 2023.

Gugatan tersebut tercatat dengan nomor perkara 324/Pdt. G/2023/PN. Ari Wibowo dan Inge memutuskan berpisah setelah sudah menjalin rumah tangga selama 17 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com