Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tetap Bekerja di Tengah Proses Kemoterapi, Nunung: Ini Jadi Penyemangat Saya

Kompas.com - 09/05/2023, 14:09 WIB
Cynthia Lova,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komedian Nunung masih tetap bekerja selama menjalani kemoterapi untuk pengobatan kanker payudara yang diidapnya. Ia bekerja setelah dibolehkan oleh dokter.

Ia bersyukur masih bisa bekerja di tengah proses menjalani kemoterapi. Dengan begitu, ia bisa membiayai uang rumah sakitnya serta membiayai anaknya yang masih sekolah.

“Ya iya dong. Kalau aku enggak kerja, siapa yang biayain selama aku sakit? Aku kan masih punya anak-anak yang sekolah dan masih jadi tanggung jawab aku. Ya meskipun diberi sakit, tapi masih bisa bekerja kan Alhamdullilah,” ujar Nunung di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (9/5/2023).

Baca juga: Cerita Nunung Akhirnya Mau Jalani Kemoterapi Setelah Sempat Takut

Nunung mengaku lebih suka ada aktivitas. Selama ia bekerja justru rasa sakit itu seperti tak dirasakannya.

Pemilik nama asli Tri Retno Prayudatu ini menjadi lebih semangat ketika bekerja. Ditambah ia tahu bahwa masih ada keluarganya yang masih membutuhkannya.

“Aku juga enggak mau yang cuma tiduran, malah rasanya enggak karuan nanti. Jadi aku masih menjalankan tugas sebagai tulang punggung keluarga. Itu malah jadi penyemangat saya,” kata Nunung.

Baca juga: Kini Kepalanya Botak, Nunung Simpan Rambutnya di Rumah Usai Divonis Kanker Payudara

Selama menjalani kemoterapi, Nunung tak merasakan perubahan yang signifikan. Hanya rambutnya saja yang kini berubah karena dipotong habis alias botak.

Ia pun juga tidak punya pantangan makan apa pun. Yang jelas, selama kemoterapi Nunung banyak mengonsumsi berbagai macam jus.

“Kalau selama ini dokter enggak ngomong apa-apa ya. Katanya kakak saya sih jangan makan bakar-bakaran dulu, daging merah. Tapi kalau dari dokter belum ada pantangan. Yang paling utama minum jus, jus wortel, brokoli, apel Malang supaya kulitnya enggak biru-biru (setelah kemoterapi),” ucap Nunung.

Baca juga: Nunung Bersyukur Dapat Pekerjaan Saat Jalani Kemoterapi

“Padahal kalau kemo kulitnya dihajar kan, di wajah. Tapi Alhamdulillah aku minum itu dua kali dua kali. Alhamdulillah resep dari kakak,” tutur Nunung.

Untuk diketahui, Nunung mengabarkan terkena kanker payudara pada Februari 2023 lalu. Kala itu Nunung yang memeriksakan kondisi kesehatannya di rumah sakit justru menemukan ada benjolan di bagian tubuhnya.

Kebetulan keluarga Nunung memang ada genetik kanker. Kemudian dokter menyarankan agar Nunung memeriksakan benjolan itu dengan Ultrasonografi (USG).

Hasil USG menyatakan bahwa benjolan di tubuh Nunung merupakan tumor ganas atau kanker payudara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com