Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangeran Harry Tinggalkan Acara Penobatan Ayahnya Raja Charles III

Kompas.com - 08/05/2023, 22:06 WIB
Andika Aditia

Penulis


KOMPAS.com - Pangeran Harry mengambil posisi di kursi bagian belakang, tepatnya baris ketiga pada hari bersejarah penobatan ayahnya Raja Charles III.

Diketahui, Pangeran Harry melakukan perjalanan dari rumahnya di California untuk menghadiri penobatan Raja Charles III pada hari Sabtu (6/5/2023) di Westminster Abbey, Inggris, tetapi pada saat tidak tertangkap oleh kamera TV, Harry terlihat menunggu sendirian sekitar 10 menit di luar Westminster Abbey sebelum duduk di kursi belakang sedan dan pergi.

Sementara itu, saudara laki-lakinya, Pangeran William, Kate Middleton, dan anak-anak mereka keluar dari gereja bersama-sama, mengikuti Raja Charles dan Permaisuri Camilla untuk kembali melanjutkan prosesi penobatan ke Istana Buckingham.

Baca juga: Nelangsa Pangeran Harry di Penobatan Raja Charles III, Hadir Tanpa Meghan, Duduk di Baris Ketiga

Di tengah ketegangan keluarga seputar perilisan memoar Harry, sang pangeran tidak berinteraksi dengan ayah atau saudara laki-lakinya selama acara tersebut.

Di momen lain yang tidak terlihat di TV, Charles diurapi dengan minyak Krisma oleh Uskup Agung Canterbury selama kebaktian sementara petugas dari Resimen Divisi Rumah Tangga Istana mengangkat tirai.

Istana Buckingham menyebutnya "momen paling khusyuk dan pribadi", menjelaskan mengapa layar privasi digunakan. "Ini secara historis dianggap sebagai momen antara Yang Berdaulat dan Tuhan, dengan layar atau kanopi di tempat yang diberikan kesucian Urapan."

Baca juga: Gelar Pangeran Harry dan Meghan Markle Disebut Akan Dihapus, Kenapa?

Pagi itu, Harry terlihat memasuki upacara bersama sepupunya, Putri Beatrice, Pangeran Eugenie, dan Zara Tindall, serta pasangan mereka masing-masing.

Pangeran Harry tampak bersemangat, tersenyum dan mengobrol dengan suami Beatrice, Edoardo Mapelli Mozzi, dan duduk bersama keluarganya - di sebelah suami Eugenie, Jack Brooksbank, dan tepat di belakang bibinya, Anne.

Harry juga bergabung dengan kerumunan dalam melafalkan "God Save King Charles" setelah penobatan ayahnya dan bernyanyi bersama untuk "God Save the King" saat Raja Charles keluar dari Westminster Abbey.

Baca juga: Pangeran George dan Putri Charlotte Asyik Menari di Acara Penobatan Raja Charles

ET berbicara dengan pakar kerajaan Eloise Parker menjelang upacara pada 6 Mei 2023, yang berbagi beberapa wawasan tentang apa yang mungkin terjadi antara Harry dan Charles selama penobatan dan itu tidak terlalu jauh dari apa yang dilihat pemirsa pada hari Sabtu.

"Saya sangat berharap Pangeran Harry akan hadir di sela-sela upacara ini," kata Eloise Parker.

"Upacara ini adalah tentang Raja Charles III dan Permaisuri, jadi saya berharap bahkan Pangeran dan Putri Wales, William dan Kate, juga akan hadir di [acara] ini," tambah Eloise Parker.

Baca juga: Ramai Disebut Selingkuhan Pangeran William, Rose Hanbury Tampak Hadir di Penobatan Raja Charles III

Baru-baru ini terungkap bahwa Harry akan menghadiri penobatan sendirian - sementara istrinya, Meghan Markle, dan dua anak mereka - Archie, yang berusia 4 tahun dan Lilibet, yang berusia 1 tahun - tetap di rumah mereka di California, Amerika.

"[Ada] kejutan bahwa Harry pergi sendirian, [tetapi] tidak begitu banyak ketika Anda menyadari bahwa itu adalah hari ulang tahun putranya, Archie, pada hari yang sama," jelas Parker.

"Jadi Meghan sebenarnya akan tinggal di rumah di California untuk merayakan ulang tahun itu, yang mungkin cukup nyaman mengingat ketegangan antara kedua keluarga saat ini."

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com