Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagu Thinking Out Loud Dituduh Langgar Hak Cipta, Ed Sheeran Bantah di Sidang

Kompas.com - 26/04/2023, 19:15 WIB
Melvina Tionardus,
Dian Maharani

Tim Redaksi

Sumber People

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Ed Sheeran menghadiri sidang kasus dugaan pelanggaran hak cipta di pengadilan federal New York, AS, Selasa (25/4/2023) waktu setempat.

Lagu hitnya yang dirilis tahun 2014, "Thinking Out Loud" dituduh memplagiat karya klasik Marvin Gaye tahun 1973 "Let's Get It On".

Penyanyi asal Inggris itu bersama label musik Sony dan lainnya, digugat pada 2017 oleh Kathryn Griffin Townsend.

Baca juga: Ed Sheeran Ungkap Istrinya Didiagnosis Tumor Saat Hamil Anak Kedua

Kathryn Griffin Townsend adalah putri dan satu-satunya ahli waris Ed Townsend, penulis lagu "Let's Get It On".

Selama interogasi dari tim hukum penggugat, Ed Sheeran berpendapat bahwa banyak lagu pop memiliki progresi akord yang sama.

Ia juga mengatakan bahwa keputusannya untuk menggabungkan "Thinking Out Loud" dan "Let's Get it On" menjadi medley pada konser tahun 2014 bukanlah keputusan yang tepat.

"Jika saya melakukan apa yang Anda tuduhkan, saya akan menjadi idiot berdiri di atas panggung di depan 20.000 orang dan melakukan itu," kata Ed Sheeran.

"Adalah keyakinan saya bahwa sebagian besar lagu pop dibangun di atas blok bangunan yang telah tersedia secara bebas selama ratusan tahun," imbuhnya.

Untuk membuktikan pendapatnya, Ed Sheeran menunjukkan sejumlah lagu populer lainnya yang memiliki progresi yang sama, termasuk "Crazy Love" oleh Van Morrison dan "Someone You Loved" oleh Lewis. Capaldi.

Ed Sheeran tampak frustrasi berkali-kali di mimbar, termasuk ketika tim kuasa hukum Kathryn membagikan lirik dari lagunya "Take It Back" yang menyertakan referensi plagiarisme, tetapi tidak mengizinkan Ed Sheeran menjelaskan konteks liriknya.

"Saya merasa Anda tidak ingin saya menjawab karena apa yang akan saya katakan akan sangat masuk akal," kata Ed Sheeran.

Pada kesempatan lain Ed Sheeran mengungkapkan bahwa dia pertama kali mendengar "Let's Get it On" di Austin Powers: The Spy Who Shagged Me saat masih kanak-kanak.

Ia pun menjelaskan bahwa "Thinking Out Loud" berasal dari percakapan emosional yang dia lakukan dengan rekan penulis, Amy Wadge tentang cinta yang dibagikan kakek neneknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com