Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulang Rimba, Film Dokumenter tentang Perjuangan Suku Anak dalam Menempuh Pendidikan

Kompas.com - 13/04/2023, 20:14 WIB
Ady Prawira Riandi,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Film dokumenter Pulang Rimba menggelar roadshow untuk mendapatkan penonton lebih luas.

Rahmat Triguna selaku sutradara berharap film garapannya ini bisa membangun kesadaran bagi masyarakat akan pentingnya pendidikan.

"Harapan kami dengan roadshow ini kita bisa lebih luas lagi dalam membangun awareness tentang pentingnya pendidikan bagi setiap warga negara Indonesia, khususnya hak pendidikan kepada anak negeri yang berasal dari daerah atau suku terdalam," kata Rahmat dalam keterangan pers tertulis, Kamis (13/4/2023).

Film Pulang Rimba mengangkat kisah nyata dari seorang warga Suku Anak Dalam (SAD) atau Orang Rimba asal Jambi bernama Pauzan.

Cerita yang dikemas dengan cara bertutur ini menghadirkan bagaimana perjuangan Pauzan dalam menempuh pendidikan ke Polbangtan Bogor.

Sejak Indonesia merdeka, belum ada satupun warga dari SAD atau Orang Rimba yang telah menamatkan pendidikan tinggi.

Saat ini Pauzan bersama dua rekannya yang sedang berkuliah si Universitas Jambi menjadi harapan baru untuk menjadi warga SAD atau Orang Rimba yang siap menyongsong tantangan perubahan zaman melalui pendidikan.

"Saya yang berasal dari Suku Anak Dalam dengan daerah yang mungkin masih minim akan pendidikan sehingga saya harus bisa memanfaatkan pendidikan ini sebagai investasi saya untuk memajukan Suku Anak Dalam," kata Pauzan.

Acara roadshow yang digelar di Jakarta bersama Komunitas Pewarta Hiburan Indonesia (KOPHI) merupakan bagian dari rangkaian panjang yang dilakukan untuk kampanye pendidikan.

Sebelumnya film ini sudah menyambangi beberapa kota di Indonesia, seperti Yogyakarta, Semarang, Jambi, Bogor, dan kota-kota besar lainnya.

Film ini merupakan film dokumenter ketujuh yang diciptakan oleh Kreasi Prasasti Perdamaian (KPP).

Film ini ditujukan untuk memberikan gambaran kepada generasi muda tentang pentingnya pendidikan.

Kisah Pauzan diharapkan bisa memotivasi generasi muda bahwa jarak dan waktu bukan lagi menjadi penghalang untuk menempuh pendidikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com