Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Drakor Genre Makjang, Bisa Bikin Emosi Tingkat Tinggi

Kompas.com - 27/03/2023, 16:43 WIB
Fransisca Andeska Gladiaventa,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.comDrama korea (drakor) memiliki genre yang beragam. Salah satu genre yang populer adalah makjang.

Baik alur dan plot cerita di genre makjang biasanya mempunyai intrik tertentu yang menguji kesabaran penonton. Ceritanya dibuat sedemikian rupa sehingga membuat penonton menjadi emosi tingkat tinggi atau meledak-ledak.

Variasi ceritanya pun banyak, mulai dari percintaan, politik, intrik rumah tangga, karier, hingga aksi-aksi balas dendam.

Mengutip Asia Society, drakor genre makjang kerap mendapat celaan dari kritikus dan media karena alur cerita yang tidak realistis atau tidak masuk akal. Contohnya saja adalah karakter protagonis yang tiba-tiba bisa hidup kembali ketika ingin melakukan aksi balas dendam.

Namun di luar kontroversinya itu, drakor makjang justru menjadi salah satu genre yang kerap memperoleh rating tertinggi selama masa penayangannya. Beberapa contoh drakor makjang yang sukses di pasaran adalah The Penthouse: War in Life dan The World of The Married.

Bagi Anda yang penasaran dengan genre ini, Kompas.com merangkum lima drakor makjang terbaik yang dirangkum dari berbagai sumber.

Baca juga: Selain The Glory, Berikut 5 Drakor Bertema Balas Dendam yang Seru

1. The World of The Married (2020)

Drakor yang tayang pada Maret 2020 ini berhasil viral di media sosial (medsos). Berkat kepopulerannya, drakor ini berhasil meraih rating tertinggi 28,4 persen selama masa penayangannya.

Drakor yang diadaptasi dari serial televisi asal Inggris, Doctor Foster ini bercerita tentang kehidupan seorang dokter perempuan bernama Ji Sun Woo (Kim Hee Ae).

Ji Sun Woo dikenal sebagai sosok wanita sempurna dengan karier yang begitu cemerlang sebagai direktur di rumah sakit (RS) bergengsi di Korea Selatan (Korsel).

Suaminya yang bernama Lee Tae Oh (Park Hae Joon) dikenal sebagai sutradara terkenal yang mengawali kariernya atas bantuan sang istri. Keduanya dikaruniai seorang putra bernama Lee Joon Young (Jin Seo Jun).

Sayangnya, kehidupan yang sempurna itu tidak bertahan lama. Sebab, Sun Woo menaruh curiga kepada sang suami yang berselingkuh setelah menemukan sebuah lipstik tertinggal di dalam mobil.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Drakor Taxi Driver 2, Rainbow Taxi Bersatu Kembali

Perselingkuhan itu lambat laun mulai terungkap setelah suaminya kembali dari perjalanan bisnis ke China.

Pernikahan yang sempurna itu harus runtuh dalam satu hari ketika ia mengetahui bahwa Tae Oh benar-benar berselingkuh dengan perempuan muda bernama Yeo Da Kyeong (Han So Hee).

Tak hanya dikhianati sang suami, Sun Woo juga dikhianati teman-teman di sekelilingnya yang ikut andil dalam menyimpan rahasia perselingkuhan tersebut.

Lantas, apakah pernikahan Sun Woo dan Tae Oh akan bertahan selamanya? Akankah Tae Oh justru memilih untuk hidup bersama Da Kyeong?

Drakor The World of The Married dapat disaksikan di platform nonton online Netflix dan Viu.

Baca juga: 4 Fakta Menarik Drakor The Glory part 2 dan Jadwal Tayang

2. The Penthouses: War in Life Season 1-3 (2020-2021)

Drama Korea The Penthouse: War In Life (2020)Dok. MyDramalist Drama Korea The Penthouse: War In Life (2020)

Drama yang diperankan oleh jajaran aktris senior, mulai dari Lee Ji Ah, Kim So Yeon dan Eugene ini sukses mencuri perhatian pecinta drakor di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Bagaimana tidak, drakor makjang ini membuat para penontonnya dibuat pusing sekaligus emosi di setiap episodenya.

Berkat alur ceritanya itu, The Penthouse: War in Life berhasil meraih rating tinggi hingga 28,8 persen dan menduduki peringkat ke-8 dalam daftar 50 drakor paling banyak ditonton versi Nielsen Korea.

The Penthouse: War in Life bercerita tentang kehidupan keluarga kelas atas di Korsel yang memiliki apartemen mewah dengan 100 lantai. Tak disangka, penghuni apartemen ini memiliki cerita kelamnya masing-masing dan diliputi ambisi yang menggebu.

Baca juga: 5 Drakor Kontroversial, Ada yang Sampai Batal Tayang

Shim Su Ryeon (Lee Ji Ah) merupakan perempuan keturunan konglomerat dan menikah dengan Joo Dan Tae (Uhm Ki Joon), seorang pebisnis real estate dan pemilik apartemen 100 lantai bernama Hera Palace .

Di apartemen itu, Su Ryeon bertetangga dengan pasangan ambisius bernama Cheon Seo Jin (Kim So Yeon) dan Ha Yoon Cheol (Yoon Jong Hoon).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com