Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Istri Kobe Bryant Menang Gugatan 434 Miliar atas Penyebaran Foto Kecelakaan Helikopter Suaminya

Kompas.com - 01/03/2023, 11:38 WIB
Andika Aditia

Penulis

KOMPAS.com - Vanessa Bryant (40), istri mendiang pebasket Kobe Bryant, menerima kompensasi uang atas foto-foto kecelakaan suaminya yang tersebar luas. 

Vanessa Bryant awalnya menerima 15 juta dolar atau setara Rp 228 miliar pada Agustus 2022 setelah hakim menemukan bahwa Departemen Sheriff Los Angeles dan Departemen Pemadam Kebakaran terbukti membagikan foto dari lokasi kecelakaan helikopter Kobe Bryant.

Vanessa Bryant telah mencapai penyelesaian akhir dengan Los Angeles County atas tersebarnya foto kecelakaan helikopter yang menewaskan Kobe Bryant dan putri mereka Gianna Bryant.

Vanessa, akhirnya menyetujui kompensasi 28,85 juta dolar atau setara Rp 434 miliar dari Dewan Pengawas Wilayah Los Angeles dalam gugatan yang sedang berlangsung.

Baca juga: Istri Kobe Bryant Mendapat Rp 237 Miliar Atas Tuntutan Penyebaran Foto Kecelakaan Helikopter

Perjanjian tersebut mencakup klaim dari Vanessa dan mencakup klaim apa pun di masa mendatang dari Vanessa dan putrinya, Natalia (20), Bianka (6), dan Capri (3).

Penyelesaian masih berstatus "bersyarat atas persetujuan pengadilan" untuk anak-anak di bawah umur. Semua yang terlibat akan membayar biaya perkara hukum mereka sendiri.

"Hari ini menandai puncak kesuksesan perjuangan berani Ny. Bryant untuk meminta pertanggungjawaban mereka yang terlibat dalam perilaku aneh ini," kata pengacara Bryant, Luis Li, dalam sebuah pernyataan kepada PEOPLE, dikutip Kompas.com, Rabu (1/3/2023).

"Dia berjuang untuk suaminya, putrinya, dan semua orang di komunitas yang keluarganya yang telah meninggal diperlakukan dengan tidak hormat yang sama. Kami berharap kemenangannya di persidangan dan penyelesaian ini akan mengakhiri praktik ini." tambah Luis Li.

Mira Hashmall, mitra di firma hukum Miller Barondess dan penasihat hukum utama untuk LA County dalam kasus tersebut menyebut penyelesaian itu "adil dan masuk akal".

Baca juga: Ucapan Vanessa dan Natalia Bryant kepada Kobe Bryant di Hari Ulang Tahun ke-44

"Penyelesaian ini sekarang menyimpulkan semua litigasi terkait dengan kecelakaan helikopter Januari 2020 yang tragis. Kami berharap Nyonya Bryant dan anak-anaknya terus pulih dari kehilangan mereka," kata Mira Hashmall.

Pada bulan Agustus 2022, majelis hakim pengadilan menemukan departemen kepolisian setempat, yakni Los Angeles County Sheriff's Department (LASD) dan departemen pemadam kebakaran Los Angeles memang membagikan foto jenazah korban kecelakaan helikopter yang mana hal itu melanggar privasi dan menyebabkan tekanan emosional.

Diketahui, pada saat kecelakaan itu, Kobe dan Gianna sedang melakukan perjalanan untuk menonton pertandingan bola basket remaja bersama tujuh orang lainnya.
Chris dan Vanessa mengklaim foto-foto tubuh korban dibagikan secara publik pada setidaknya 28 perangkat digital milik Departemen Sheriff Los Angeles.

Tuduhan berbagi foto di antara responden pertama terungkap dalam artikel tahun 2020 di Los Angeles Times yang mengungkapkan bahwa salah satu responden pertama telah menunjukkan foto-foto tersebut di sebuah bar.

Jenazah Kobe Bryant ditemukan pada hari kecelakaan itu, sementara Gianna - pemain bola basket Akademi Olahraga Mamba dengan impian bermain di WNBA - ditemukan sehari kemudian di jurang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com