Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merasa Bersalah Perankan Psikopat, Im Siwan Donasikan Sebagian Penghasilannya dari film Unlocked

Kompas.com - 23/02/2023, 09:05 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

KOMPAS.com- Memerankan karakter psikopat dalam film Netflix Unlocked, Im Siwan mengaku merasa bersalah dan bertanggung jawab pada penonton.

Im Siwan mengatakan karakter yang diperankannya, Jun Yeong adalah orang yang sangat sakit, memiliki karakter rumit.

"Dia merenungkan cara paling kreatif untuk menghancurkan seseorang," kata Im.

"Tentu saja, saya sama sekali tidak berempati atau mengidentifikasi dengan karakter seperti itu, tetapi merupakan pengalaman baru bagi saya untuk memainkan jenis antagonis ini," imbuhnya.

Baca juga: Film Korea Unlocked Duduki Peringkat Atas di Netflix, Termasuk Indonesia

Karakter Jun Yeong sangat kontras dengan citra Im selama ini yang sering memerankan pria berkarakter lembut.

Prihatin tentang efek pada penonton atas perpindahan karakternya ke sisi gelap, Im mengungkap alasan tetap memilih untuk memainkannya demi kebaikan di dunia nyata.

"Saya selalu berpikir tentang dampak sosial dari peran yang saya ambil, jadi saya ragu untuk berperan sebagai penjahat psikopat di Unlocked," kata Im.

"Tapi saya pikir ada kebutuhan untuk menjelaskan kegelapan dengan memainkan peran seperti Jun Yeong," sambungnya.

Baca juga: Film Unlocked: Daftar Pemain, Sinopsis, dan Link Nonton

Tidak sampai di situ, Im yang menyimpan rasa khawatir atas karakter yang diperankannya, akhirnya memutuskan untuk mendonasikan sebagian penghasilannya dari film Unlocked.

"Saya pribadi selalu berpikir tentang hal-hal seperti 'Apakah peran ini memiliki efek positif pada penonton dan masyarakat?' dan 'Apakah karakter ini memiliki potensi untuk dieksploitasi dan ditiru untuk mengarah pada kejahatan yang sebenarnya?'" ujarnya.

"Jadi ketika memutuskan untuk mengambil peran Jun Yeong dan mulai syuting, saya berdonasi untuk menghilangkan beban dan rasa bersalah dari dada saya,” kata Im.

Sumbangan tersebut sebagian berasal dari jaminan yang dibayarkan kepada Im untuk film tersebut.

Unlocked didasarkan pada novel Jepang, I Just Dropped My Smartphone (diterjemahkan) yang diadaptasi untuk layar perak di Jepang pada tahun 2019.

Sutradara Kim Tae Joon mengatakan pesan penting membuat film ini adalah tentang pentingnya privasi dan bahayanya membagikan setiap pemikiran kita secara online dan melalui perangkat digital.

"Unlocked adalah sebuah thriller yang memungkinkan penonton untuk secara tidak langsung mengalami hal terburuk yang dapat terjadi ketika kita terlalu bergantung pada ponsel dan mengekspos diri kita sendiri," kata Kim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com