Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiko Akhirnya Berdamai dengan Keluarga Ayahnya

Kompas.com - 08/01/2023, 18:57 WIB
Cynthia Lova,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiko (23) dan ibunya, Eny, menjadi perbincangan hangat publik karena tinggal di rumah mewah terbengkalai.

Tiko diketahui merawat ibunya yang mengalami gangguan jiwa sejak tahun 2010 karena berpisah dengan ayahnya, Herman Moedji Susanto.

Viralnya Tiko ternyata menjadi masalah oleh keluarga sang ayah. Pasalnya, menurut keluarga pihak ayah Tiko, cerita yang disampaikan Tiko ke publik soal ayahnya tersebut tidaklah benar.

Baca juga: Listrik Belum Nyala, Rumah Tiko Sementara Dipasang Pompa Manual

Bahkan, Tiko sempat ingin diancam dilaporkan ke polisi karena dianggap mencemarkan nama baik keluarga.

Namun, kini permasalahan itu sudah selesai dengan baik karena Tiko meminta maaf langsung ke pihak keluarga ayahnya, Uri.

“Aku mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada keluarga almarhum papaku,” ujar Tiko melalui sambungan telepon ke Uri seperti dikutip Kompas.com dari kanal YouTubu Pratiwi Noviyanthi, Minggu (8/1/2023).

Tiko mengaku tak pernah berniat menjelek-jelekkan ayahnya. Dia sendiri tidak tahu alasan ayahnya dan sang ibu berpisah.

Baca juga: Rumah Tiko Sedang Proses Pemasangan Pompa Air

Sebab saat ibu dan ayahnya berpisah, usia Tiko saat itu masih kecil. Ia hanya menceritakan sesuai perspektifnya dan sesuai dengan apa yang dialaminya.

“Tapi aku tidak tahu kebenarannya karena memang dulu aku masih kecil, jadi tidak tahu apa pun. Yang kurasakan dari dulu seperti itu, mungkin kalau seperti itu kebenarannya seperti yang sekarang kakak ceritakan aku enggak tahu,” ucap Tiko.

Tiko kembali meminta maaf kepada pihak keluarga ayahnya. Ia mengaku salah karena lancang dengan berbagai pernyataan soal ayahnya, dan ke depannya Tiko berjanji untuk hati-hati saat bicara ke publik.

Uri menerima permintaan maaf dari Tiko. Uri bersyukur juga karena ada Novi yang membantu menjembatani perbincangan antara ia dengan Tiko.

Baca juga: Banyak Dapat Bantuan, Tiko: Saat Ini Ingin Fokus Merawat Ibu Saja

“Iya enggak apa-apa karena kamu enggak tahu pada saat itu, masih kecil tidak sesuai dengan kenyataan. Untung ada Mbak Novi yang mau nengahin,” kata Uri.

Tiko bersyukur karena kisahnya yang viral ia juga bisa tahu keberadaan keluarganya. Termasuk, soal ayahnya.

“Sebenarnya Alhamdullilah karena ini juga aku tahu keberadaan keluarga, karena aku sudah selama ini tinggal berdua aja sama mama tanpa tahu kebenarannya . Ya tahunya aku dirawat sama mama sampai sekarang gitu,” tutur Tiko.

Adapun rumah Tiko yang mewah terbengkalai tersebut kini tampak sangat berbeda dari awal viral.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com